Beranda Politik ASN Keluhkan Besarnya Gerbong Pairin

ASN Keluhkan Besarnya Gerbong Pairin

655
0
BERBAGI
METRO – Sederet nama-nama pejabat eks Kabupaten Lampung Tengah tampak terus mengisi daftar susunan kabinet baru pemerintahan Walikota Metro Achmad Pairin dan Wakil Walikota Metro Djohan. Setelah 5 pejabat tinggi pratama (PTP) Kota Metro eks Lamteng yang dilantik, kali ini giliran posisi tertinggi ASN di Metro, yakni posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro M. Natsir yang dilantik. Diketahui Ir. A. Nasir A.T, M. M, merupakan mantan Kepala Bappeda Lamteng yang duduk menjadi Fungsional Umum pada Pemkab Lamteng.
Pelantikan yang dilakukan oleh Walikota Metro Achmad Pairin di Aula Pemerintah Kota Metro tersebut juga dihadiri oleh puluhan pejabat asal Kota Metro. Tampak puluhan mata memandang saat resepsi besar pelantikan sekda tersebut.
”Ya kalau yang dilantik pejabat bawaan walikota saja, bagaimana nasib pejabat di Metro,” ujar mantan pejabat eselon II Kota Metro yang enggan disebutkan namanya usai pelantikan, Selasa (2/5) kemarin.
Dikonfirmasi wartawan Walikota Metro Achmad Pairin membantah jika pejabat yang dilantik hanya merupakan pejabat eks Lamteng. Namun menurutnya semua pejabat mempunyai kesempatan yang sama yakni melalui tahapan seleksi terbuka.
Tidak hanya itu, kata dia, prosedur penempatan pejabat telah dilakukan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku termasuk telah melalui tahapan seleksi terbuka. ”Sudah sesuai aturan. Melalui panitia seleksi juga sudah dibuka seleksi. Mereka semua juga sudah ikut seleksi terbuka,” ujarnya.
Menurutnya, dalam seleksi terbuka jabatan sekda ditentukan berdasarkan hasil penilaian tim seleksi (Timsel). Dari seleksi tersebut sudah keluar nama-nama yang lolos. Selanjutnya dari nama-nama tersebut diusulkan kepada Gubernur Lampung untuk menentukan siapa yang akan menduduki jabatan sekda. ”Seleksi terbuka dulu. Nama yang lulus seleksi ini baru diusulkan ke Gubernur Lampung,” ungkapnya.
Diketahui, dalam seleksi terbuka jabatan sekda tersebut sebelumnya diisinya oleh 4 pelamar. Diantaranya Ir. A. Nasir A.T, M. M, yang menjabat sebagai Fungsional Umum pada Pemkab Lamteng. Lalu Drs. A. Budiman PM.MM yang menjabat sebagai Sekretaris Kabupaten Pringsewu. Kemudian Kepala Dinas PP,PA,PP dan KB Kota Metro drg. Erla Andrianti, MARS, dan Drs. Ridhwan, S.H, M.H yang mejabat Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra yang gugur dalam seleksi.
Sebelumnya Walikota juga telah melantik 15 pejabat tinggi pratama lainnya. Beberapa nama pejabat eks Lamteng juga muncul. Diantaranya Ir. Irianto Marhasan yang menduduki jabatan sebagai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Metro, Misnan,S.Sos yang menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, UMK, UM dan Perindustrian Kota Metro, M. Supriayadi, S.H, M.M sebagai Kepala BPKAD Kota Metro, dan Edy Pakar, S.H, M.H sebagai Jabatan Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Metro.
Sebelumnya, Walikota juga melantik pejabat eks Pemkab Lamteng Lusia Parjiem sebagai Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan. Lalu, Kabag Pemerintahan Setda Metro Welly.
Sementara itu, dikonfirmasi Radar Metro Kepala Dinas Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (DKSDM) Kota Metro ABP Herjuno menjelaskan, pelantikan sejumlah pejabat tinggi pratama Metro telah dilakukan sesuai prosedur yang ditentukan. Ini dilakukan untuk pengisian jabatan yang kosong.
”Namun khusus untuk jabatan Kepala Dinas Perhubungan ini memang tidak melalui tahap seleksi terbuka karena hanya roling jabatan saja, dan bukan pengisian jabatan yang kosong. Jadi ini bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan. Namun khusus untuk 13 jabatan tinggi pratama sudah melalui tahapan seleksi. Selanjutnya untuk jabatan sekda ditentukan oleh Walikota dan Gubernur Lampung,” pungkasnya.(ria/bon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here