Beranda Pendidikan Pemkot Akan `Gusur` Kampus IAI Agus Salim

Pemkot Akan `Gusur` Kampus IAI Agus Salim

296
0
BERBAGI

Nasib Ribuan Mahasiswa Agus Salim Terancam”

RMETRO – Nasib ribuan mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Agus Salim di bawah naungan Yayasan Pusat Pendidikan Islam (YPPI) Lampung terancam gagal melanjutkan pendikan.

Pasalnya, Pemerintah Kota Metro telah melayangkan surat ke pihak yayasan untuk tidak akan memperpanjang sewa. Selain itu, Pemkot juga meminta pihak yayasan untuk mengosongkan bangunan selambat-lambatnya enam bulan ke depan.

Hal ini tidak sesuai dengan visi misi Pemkot Metro yang dibranding sebagai Kota Pendidikan. Namun tahun ini, di bawah kepemimpinan Walikota A Pairin, justru kebijakannya tidak pro terhadap dunia pendidikan.
Diketahui, pihak yayasan yang memiliki dua lembaga pendidikan yakni SMP YPI dan IAI Agus Salim. Selain gedung yang saat ini ditempati dengan sewa, yayasan tersebut tidak lagi memiliki gedung lain. Bahkan tanah seluas 2.600 meter persegi milik yayasan dipinjam pakai Pemerintah Kota Metro untuk didirikan bangunan gedung Puskesmas Pembantu Yosorejo dan rumah dinas dokter setempat. Kondisi tersebut membuat pihak yayasan menuai keprihatinannya. Terlebih keberadaan YPPI tersebut turut memberikan kontribusi membangun sumber daya manusia (SDM) dalam penyelenggaraan pendidikan.
“Sudah ada tiga kali surat yang dikirimkan Pemkot ke kami pihak yayasan. Terakhir tanggal 5 Mei 2017. Isinya meminta Pemkot tidak lagi memperpanjang sewa dan meminta pihak yayasan mencari gedung baru,” terang Ketua I Bidang Pendidikan Tinggi Institut Agama Islam (IAI) Agus Salim Husnul Fatarip dikonfirmasi Radarmetro.com, Rabu (17/5).
Menurutnya, saat ini YPPI Lampung di Kota Metro memiliki dua lembaga pendidikan yakni SMP YPI dan IAI Agus Salim. Untuk SMP YPI jumlah siswa kurang lebih sebanyak 200 siswa dan 1.107 mahasiswa.

”Kami juga belum tahu nanti bagaimana. Karena sampai sekarang kami juga belum memiliki gedung baru,” jelasnya.
Karena itu, pihaknya berharap DPRD bisa memberikan solusi terhadap nasib para mahasiswa dan pelajar di bawah naungan YPPI. Terlebih selama puluhan tahun YPPI juga telah memberikan kontribusi dalam menciptakan ribuan sumber daya manusia (SDM) untuk Bumi Sai Wawai.

”Mendengar surat pemberitahuan ini masuk saja kami merasa tercengang dan prihatin. Apalagi keberadaan YPPI juga untuk mendukung visi Metro sebagai Kota Pendidikan,” tutupnya.(ria/bon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here