Beranda Nasional Tiga Napi Lapas Metro Dijadwalkan Akan Bebas

Tiga Napi Lapas Metro Dijadwalkan Akan Bebas

200
0
BERBAGI
Kalapas Metro, Teguh Wibowo, Bc

RMETRO – Tiga nara pidana (Napi) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIA Metro dijadwalkan akan bebas menghirup udara segar. Itu menyusul adanya pengajuan resmi khusus RK-2 dan sudah disetujui dari Kementrian Hukum dan HAM yang langsung bebas pada saat pemberian resmi hari raya Idul Fitri 1438 Hijiryah.

Kepala Lapas Klas IIA Metro, Teguh Wibowo, Bc.IP, SH,.MSi membenarkan, bahwa dari 450 warga binaan yang diusulkan RK-2 remisi lebaran hanya tiga warga binaan yang mendapat resmi bebas. Ketiga warga binaan tersebut Adit (30) Warga Metro, Efendi (28) Warga Gunungbatin Lampung Tengah, dan Rahmad (31) Warga Gunungbatin Lampung Tengah.

“Mereka ini terlibat kasus pencurian dan kekerasan, Narkotika, dan kasus perlindungan anak. Rata-rata mereka menjalani hukuman diatas 5 tahun penjara subsider 3 bulan,” cetusnya, kepada Radarmetro.com, Jumat (16/6).

Data rekapitulasi remisi khusus tahun 2017, kata Teguh berjumlah 450 napi, terdiri dari 447 remisi khusus (RK-1), dan 3 remisi khusus (RK-2). Untuk remisi RK-1 sendiri 135 Napi mendapat remisi 15 hari, 288 napi remisi 1 bulan, 24 napi mendapat remisi 1 bulan 15 hari.

Berdasrkan data RK-1 ini ada 4 napi tersandung kasus korupsi, 108 napi kasus narkotika, dan 335 napi kasus kriminal. Sedangkan RK-2 hanya ada 3 napi.

“Saat ini penghuni Lapas Metro ada 617 orang, 116 orang diatarannya tahanan, dan 501 narapidana. Kami berharap ketiga warga binaan yang bebas dapat diterima dilingkungan masyarakat. Dan tidak mengulangi perbuatanya. Bagi yang masih menjalani hukuman dapat bertaubat dan tetap berbuat baik dilingkungan lapas,”pungkasnya. (fdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here