Beranda Radar News Wow! Gaji RT di Lamteng Naik Lima Kali Lipat

Wow! Gaji RT di Lamteng Naik Lima Kali Lipat

115
0
BERBAGI

LAMTENG- Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa membagikan insentif kepada tujuh ribuan RT dan seribuan Linmas se-kabupaten Lampung Tengah di Gedung Sesat Nuwo Balak, Selasa, 20/6/2017.

Mulai tahun ini insentif untuk RT naik lima kali lipat dari Rp300 ribu menjadi Rp 1,5 juta per tahun. Sementara insentif Linmas Rp 720 ribu per tahun. Insentif diberikan secara simbolis kepada koordinator RT, Linmas dan Kakam di Lampung Tengah.

Kepala pemberdayaan masyarakat kampung (PMK) Lampung Tengah Zulfikar Irwan menerangkan pemberian insentif bersumber dari APBD yang disalurkan melalui alokasi dana kampung (ADK).

Selain RT dan Linmas, kenaikan insentif atau gaji juga diberikan kepada kepala dusun dari sebelumnya sekitar Rp340 ribu kini menjadi Rp 750 ribu per bulan, kakam menjadi Rp 2 juta per bulan, dan Sekam Rp 1,3 juta per bulan.

“Kami minta camat bisa mengawal penyaluran dana ADK yang disalurkan setiap kampung. Pastikan dana sampai sesuai dengan peruntukannya, tepat sasaran dan tanpa ada potongan sepeser pun,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Mustafa mengatakan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan perangkat desa terus ditingkatkan. Diharapkan peningkatan kesejahteraan ini diimbangi dengan peningkatan kinerja aparatur desa.

Mustafa menegaskan, hampir Rp 250 miliar anggaran dialokasikan untuk pembangunan kampung. Tanpa ada keseriusan aparat desa untuk mengelolanya dengan baik, dikhawatirkan anggaran tersebut menjadi sia-sia.

“Karena saya minta seluruh aparatur kampung mulai dari RT, kadus, kakam hingga camat, agar bekerja serius. Kelola dana semaksimal mungkin untuk pembangunan kampung. Jika kampung maju, Insya Allah kabupaten akan maju,” tandasnya.

Melalui dana kampung tersebut, bupati ronda ini juga berharap ada peningkatan pemberdayaan masyarakat khususnya di kalangan pemuda. Terlebih pemerintah telah menganggarkan Rp 10 juta untuk pemberdayaan pemuda lewat karang taruna.

“Program kampung entrepreneur creative (KECe) harus jalan. Saya minta melalui dana kampung ini, pemberdayaan pemuda dimaksimalkan. Kita lahirkan entrepreneur-entrepreneur muda di tiap kampung,” pungkas Mustafa.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here