Beranda Radar News Cuaca Pancaroba Waspada Flu Burung

Cuaca Pancaroba Waspada Flu Burung

81
0
BERBAGI

METRO – Pergantian cuaca yang cepat berubah atau Pancaroba, membuat kondisi kesehatan hewan khususnya unggas mudah mengalami gangguan kesehatan. Hal yang sangat diwaspadai adalah wabah Flu Burung yang melanda unggas di wilayah Kota Metro. Berbagai upaya dilakukan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) dalam pencegahan wabah tersebut.

“Flu burung itu cara penularanya mudah, penanggulanganya susah, apalagi warga belum banyak disiplin. Pasar kita menjual unggas dari mana-mana, jika ada satu saja dari daerah tertentu yang sakit sesudah disembelih cairan tersebar melalui comberan, bisa tertular virus itu jika ayam lain mencari makan disitu.” Ungkap Parjiya Kabid Peternakan DKP3 Metro, kepada Radar Metro, Senin (3/7).

Menurutnya cuaca Pancaroba mempengaruhi kondisi wabah Flu burung selain dari faktor irigasi, “cuaca model begini juga mempengaruhi, apalagi saluran irigasi baru mengalir, metro itu tempatnya wabah, karena bangkai banyak dari Hulu sana, kadang kan peternak ayam tidak mau membakar ayam dan mengubur, maunya membuang ke irigasi, satu karung,” imbuhnya.

Dari data yang dirangkum Radar Metro, Kota Metro merupakan darah Endemis Flu Burung, terhitung setiap tahunya pasti ada kasus Flu Burung yang merugikan. “Belakangan ini memang belum ada laporan namun kondisi cuaca begini juga harus diwaspadai. Untuk pencegahan harus di Desinfectan secara rutin, namun di masyarakatkan ayam tidak dikurung maka mudah tertular, bila sudah terjadi yang mati ayam dibakar dan dikubur.” Pungkasnya. (suf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here