Beranda Pendidikan LKP Desmitha Ujikom Perdana Ekspor Impor Level 1

LKP Desmitha Ujikom Perdana Ekspor Impor Level 1

179
0
BERBAGI
|Foto : Freddy Radarmetro.com|

RBANDAR LAMPUNG – Tempat Uji Kompetensi (TUK) Desmitha Bandar Lampung sukses mengelar uji kompetensi perdana Ekspor Impor level 1. Serta sosialisasi penguatan lembaga Tempat Uji Kompetensi (TUK) Ekspor Impor bersama lembaga pendidikan dan pengembangan profesi Indonesia (LP3I) Lampung dengan pemateri Abdullah.

Pendiri TUK Ekspor Impor Desmitha Bandar Lampung, Eva Hanifa, A.Md mengatakan, bahwa materi seminar ini menitik beratkan pentinya memiliki ijazah kompetensi agar keterampilan yang dimiliki peserta didik diakui dan sesuai dengan standar kompetensi.

“Sosialisasi ini khusus diberikan, didisain dan dikembangkan bagi para eksekutif ekspor impor untuk memberikan keterampilan pemahaman yang mendalam tentang prosedur ekspor impor, baik dari sisi perdagangan, kepabeanan, shipping dan perbangkan yang semuanya berdasarkan peraturan-peraturan yang up to date,”ungkapnya, Sabtu (1/7).

Perkembangan ekspor impor, kata Eva dalam era globalisasi. Selain mengarah pada daya saing produk juga perlu mendapatkan perhatian kepada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan berpengetahuan dalam mendukung kegiatan perdagangan.

“ Maka sosialisasi penguatan lembaga TUK Ekspor Impor juga terus digencarkan. Sebab pengurusan dokumen ekspor imkpor merupakan hal yang wajib dilalui oleh seseorangeksportir maupun importer dalam menjalankan usahanya,tegasnya.

Sementara itu, Eva menambahkan baru-baru ini TUK Desmitha Bandar Lampung juga telah sukses mengadakan uji kompetensi ekspor impor perdana di Kota Metro sebanyak 11 orang peserta. Lalu disusul uji kompetensi peserta didik LKP Desmitha sebanyak 50 peserta didik.

“Dalam materi uji kompetensi ada dua sesi yaitu teori dan prakterk, dengan waktu 4 jam untuk ujian tersebut. Sedangkan ujian teori terdiri dari pilihan ganda,”bebernya.

Pada bagian lain, lanjut Eva ujian praktek soalnya pembuatan contoh beberapa dokumen ekspor antara lain check list letter of credit, invoice, packing listm sales conteact, shipping, instruction, certificate of origin serta pendukung lainya. Diujian praktek peserta harus sedikit banyak memahami isi dari latter of credit serta jenisnya.

“Uji kompetensi Ekspor Impor ini gratis , karna beasiswa yang diterima TUK Desmitha melalui lembaga sertifikasi Kompetensi Ekspor Impor yang ada di Jakarta. Tentu dengan harapan peserta didik yang lulus mendapat sertifikasi dapat bekerja sesuai keterampilan dan kemampunya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Ekspor Impor,”pungkasnya. (fdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here