Beranda Nasional Taman Merdeka Disterilkan dari Pedagang

Taman Merdeka Disterilkan dari Pedagang

289
0
BERBAGI
Foto Net : Taman Merdeka Kota Metro

RMETRO – Banyaknya sorotan mengenai rusaknya Taman Merdeka Kota Metro yang diterkesan dibiarkan mulai disikapi pemerintah setempat. Kemarin (5/7), dipimpim Sekretaris Daerah A. Nasir,  Pemerintah Kota Metro menggelar rapat bersama satuan kerja terkait untuk melakukan penataan Taman Merdeka. Pasalnya, Taman Merdeka akan dikembalikan pada fungsi utamanya sebagai ruang terbuka hijau.

”Ya akan ditata lagi sesuai dengan fungsinya. Dalam Perda Nomor 5 Tahun 2010 ini aturannya sudah jelas sebagai ruang terbuka hijau. Dan kita kembalikan fungsi awal Taman Merdeka,” terang Sekda Kota Metro A. Nasir AT usai memimpin rapat penataan Taman Merdeka di Official Room Pemkot setempat, kemarin.

Menurutnya, sesuai peruntukan awal Taman Merdeka merupakan lapangan sepak bola. Namun untuk kepentingan masyarakat lapangan tersebut dirubah peruntukannya menjadi Taman Merdeka. Karenanya nantinya fungsi tersebut akan dikembalikan suai fungsi awal Taman Merdeka. ”Akan ditata lagi. Untuk keindahan taman akan dilakukan sedikit pemagaran pendek untuk pemandangan,” terangnya.

Sementara itu, untuk pedagang di lokasi Taman Merdeka rencananya akan dipindahkan karena fungsi taman yang akan dikembalikan. Terlebih aturannya juga sudah jelas tertuang dalam Perda Nomor 5 tahun 2010 tentang ketertiban umum, kebersihan dan keindahan Kota Metro. ”Mengenai lokasi dimana dan bagaimana teknisnya, nanti akan dibicarakan oleh satker yang membidangi,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Kota Metro Leo Hutabarat mengungkapkan, mengenai lokasi pedagang yang akan dipindahkan tersebut masih akan dibahas kembali. Untuk saat ini, jelasnya, pihaknya tengah merancang konsepnya. ”Saat ini masih dalam proses. Nanti kalau suratnya sudah keluar baru tahu pedagang nanti akan dipindahkan kemana,” tutupnya.

Pantauan Radar Metro, usia mengikuti rapat penataan taman tampak sejumlah kepala satuan kerja memantau lokasi Taman Merdeka yang rencananya akan dilakukan penataan. Kepala Dinas Pariwisata Kota Metro Yeri Ihkwan menilai dalam penataan Taman Merdeka tersebut perlu adanya perubahan jalur lalu lintas melalui sistem satu arah (SSA), jika nantinya pedagang akan dipindahkan di Nuwo Intan. Sehingga konsep Taman Merdeka bisa berjalan dengan baik sesuai dengan visi Kota Metro sebagai wisata keluarga. ”Tamannya bisa untuk menikmati pemandangan dan bersantai. Sedangkan untuk wisata kulinernya bisa di Nuwo Intan,” tukasnya. (ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here