Beranda Radar News Metro Perbanyak Layanan Wifi Gratis!

Metro Perbanyak Layanan Wifi Gratis!

329
0
BERBAGI

METRO – Pemerintah Kota Metro terus berupaya meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Salah satunya dilakukan melalui pemasangan wifi gratis dan CCTV di sejumlah ruang terbuka dan fasilitas umum.

“Di Taman Merdeka sudah kita siapkan wifi gratis. Selain itu juga ada di beberapa satuan perangkat daerah (SKPD) yang sudah kita siapkan wifi, untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Karena, menyajikan wifi gratis kepada masyarakat di Kota Metro merupakan upaya untuk mewujudkan visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Metro Farida melalui Kabid Informatika Andi Setiyono, Senin (7/8).

Meski begitu, diakuinya, pemasangan Wifi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Metro di tempat-tempat umum belum dapat terealisasi sepenuhnya. Ini karena ada beberapa tempat yang terkendala signal serta aliran listrik.

“Seperti di Lapangan Banjarsari, itu terkendala listrik. Lapangan Karang Rejo, Lapangan Margodadi itu terkendala signal. Karena kita menggunakan fiber optik. Dan itu daerahnya lumayan jauh ke dalam,” katanya.

Namun, pihaknya akan mengupayakan untuk dapat dipasang wifi di titik-titik yang terkendala signal maupun listrik. Sementara itu, selain wifi gratis pihaknya juga tengah mematangkan rencana untuk pemasangan CCTV di beberapa titik di Kota Metro. Seperti di Bunderan Banjarsari, untuk memantau arus lalu lintas Metro bagian Utara. “Total seluruhnya ada sekitar 31 kamera yang akan terpasang. Ini dimaksudkan untuk mengontrol lalu lintas di Kota Metro,” pungkasnya.

Rencananya, untuk merealisasikan program tersebut pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Metro terkait CCTV tersebut.

“Nanti kita akan bekerjasama dengan Dishub terkait CCTV itu. Kita juga butuh control room. Dan Polres juga minta akses untuk dapat memantau dari CCTV, jika nanti ada tindakan kriminal dapat langsung terpantau,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk titik-titik pemasangan CCTV diantaranya, perempatan Masjid Taqwa Kota Metro ada sekitar 4 titik, Simpang kampus ada 3 titik, Simpang Ganjaragung 3 titik, dan lainnya. “Rencananya dalam waktu dekat pastinya akan kita pasang CCTV maupun Wifi. Saat ini kita masih survey tempat dulu,” tutupnya. (ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here