Beranda Radar News Pemberangkatan Haji Diwarnai Isak Tangis Keluarga

Pemberangkatan Haji Diwarnai Isak Tangis Keluarga

207
0
BERBAGI

METRO – Walikota Metro Achmad Pairin secara resmi melepas keberangkatan para calon jemaah haji (CJH) asal Kota Metro, sekitar pukul 05.30 WIB, Selasa (8/8). Para jemaah tersebut terbagi dengan 9 kelompok rombongan.

Pantauan di lapangan, pemberangkatan para jemaah tersebut juga tampak diwarnai dengan isak tangis keluarganya. Mereka terharu karena anggota keluarganya bisa berangkat ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji.

Seperti dialami anggota keluarga CJH asal Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur, Katini. Keluarga harus rela melepas keberangkatan ibadah hajinya, meski tanpa ditemani sang suaminya lantaran masih sakit. Meski begitu, rasa bahagia keluarga juga tampak terpancar dengan kepergiannya menjalankan ibadah haji.

“Kami terharu. Sebenarnya berat karena ibu sendirian disana. Bapak masih sakit. Tapi kami keluarga percaya dan iklas. Mudah-mudahan ibu disana sehat, sehingga lancar menjalankan semua ibadah di tanah suci Mekkah,” tutur Miswati putrinya dengan mata memerah.

Sementara itu, dalam sambutannya Walikota Metro Achmad Pairin mengucapkan selamat jalan kepada para jamaah. Mudah-mudahan seluruh ibadah dapat dilaksanakan dengan lancar dan dakam keadaan sehat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Metro mengucapkan selamat jalan, semoga ibadah haji ini lancar. Berangkat dalam kondisi sehat, dan pulang dalam keadaan sehat. Sehingga bisa menyandang predikat haji yang mabrur dan mabruroh,” ujarnya.

Diketahui, sebanyak 42 calon jemaah haji (CJH) Kota Metro secara resmi diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, kemarin. Sesuai jadwal jemaah akan diberangkatkan 8 dan 22 Agustus mendatang dengan terbagi 2 kloter pemberangkatan yakni Kloter 24 dan 56 .

”Pada tahun ini Pemkot Metro juga memberikan subsidi penuh kepada seluruh jamaah haji. Yang masing-masing jamaah mendapatkan subsidi sebesar Rp. 2.613.000, dengan jumlah keseluruhan Ongkos Transit Daerah (OTD) Rp2,9 M,” jelas Pairin.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agaman (Kemenag) Kota Metro Johan Yusuf menjelaskan bahwa, untuk jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini terbagi 2 kloter pemberangkatan. Yakni Metro mendapatkan Kloter 24 JKG Lampung dengan jumlah jemaahsebanyak 388 CJH dan akan berangkat pada 8 agustus 2017. Dari jumlah jemaah tersebut juga akan didampingidengan satu orang TPHI, satu orang TPIHI, satu orang Dokter Kloter (TKHI), dua orang perawat (TKHI), satu orang TPHD, dan satu orang paramedis TKHID.

”Selain itu juga ada 40 calon jemaah haji juga masuk dalam kloter 56 JKGdan akan diberangkatkan pada 22Agustus 2017 mendatang. Mereka ini bergabung dengan jamaah haji asal Bandar Lampung dan Lampung Tenggah, serta di dampingi oleh satu orang TPHD,” terangnya.

Johan Yusuf juga menambahkan, adapun rincian jamaah haji yang akan diberangkan diantaranya terdiri dari 196 jamaah laki-laki, dan 232 jamaah perempuan. Untuk jamaah usia tertua yakni bernama Sudarman Singo Tarunodengan usia 87 tahun asal Kelurahan Ganjaragung, Kecamatan Metro Barat. Sedangkan jamaah usia termuda bernama Anang Rizki Maulana berusia25 tahun asal Kecamatan Metro Barat.

”Selain yang diberangkatkan ini ada pula jamaah haji lunas tunda berangkat jumlahnya sebanyak lima orang. Mereka tidak bisa diberangkatkan dengan alasan lima orang sakit. Namun ada pula tiga orang jamaah yang mutasi keluar kota,” paparnya.(ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here