Beranda More Keuntungan Berkebun Strawberry di Pekarangan Rumah

Keuntungan Berkebun Strawberry di Pekarangan Rumah

549
0
BERBAGI

STRAWBERRY merupakan salah satu tanaman buah yang memiliki rasa nikmat dan menyegarkan. Tidak hanya itu, tanaman yang cantik ini sangat tepat jika dijadikan tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah.

Untuk menanam strawberry, Anda tidak memerlukan lahan yang luas. Karena tanaman ini bisa ditanam dengan menggunakan pot (tabulampot) ataupun polybag. Demikian disampaikan Kepala Kebun Horti Park Lampung Syamsurrizal Mukhtar.

’’Dengan menanam stawberry di pekarangan rumah, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain bisa memaAnen buahnya yang enak dan kaya manfaat. Anda juga bisa membuat taman menjadi cantik. Karena tanaman strawberry itu kan buahnya sangat cantik sekali,’’ urai Rizal –sapaan akrabnya.

Terusnya, membudidayakan strawberry cukup sederhana. Yang pasti strawberry membutuhkan banyak air dengan media tanam yang gembur, karena perakarannya lebat dan melebar. Untuk itu, media tanam yang baik adalah campuran tanah, pupuk, kandang, dan arang sekam dengan perbandingan 1;1;1. ’’Arang sekam mampu mengikat air sekaligus menggemburkan tanah,’’ sebutnya.

Lebih jauh Rizal mengungkapkan, untuk bibit, kita bisa mendapatkannya di Toko Pertanian ataupun melakukan pembibitan vegetatif dengan cara mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman. ’’Media tanam sudah ada, bibit sudah ada. Lalu buat lubang pada pot ataupun polybag. Masukan bibit ataupun batang strawberry ke dalamnya. Selanjutnya setiap pagi dan sore hari,’’ sebutnya.

Langkah selanjutnya adalah pemeliharaan tanaman. Dimana selain penyiraman kita juga harus melakukan pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit. Untuk pemupukan bisa dilakukan saat tanaman berusia 2 bulan. ’’Pemupukan bisa menggunakan NPK ataupun pupuk organik sesuai dosis. Yang penting saat kita memupuk, pupuk jangan mengenai organ tanaman, baik itu batang, daun, ataupun buahnya,’’ jelas dia.

Untuk pengendalian hama penyakit bisa menggunakan pestisida yang dianjurkan. Bagi pemula lanjutnya, kita bisa langsung membeli pestisida yang sesuai ke toko pertanian terdekat.

’’Demikianlah cara membudidayakan strawberry. Di usia 2 bulan setelah tanam kita sudah bisa memanen buahnya. Untuk pemanenan kita bisa menggunakan gunting khusus atau pisau yang tajam. Petik lalu keringkan dengan angin. Oiya jika taman kita juga terbatas kita juga bisa membudidayakan strawberry dengan teknik vertikultur atau menggunakan pot gantung. Pokoknya sekarang lahan sudah tidak jadi persoalan. Selamat mencoba,’’ tukasnya. (rnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here