Beranda Uncategorized Agar Parpol Lengkap Berkas, Ini Ketentuanya…

Agar Parpol Lengkap Berkas, Ini Ketentuanya…

162
0
BERBAGI

METRO – Hingga batas terakhir pendaftaran Selasa (17/10), sebanyak 17 partai politik (parpol) dinyatakan melengkapi berkas. Dari ke-17 partai tersebut Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) berkas yang dimasukkan dengan keterangan tidak lengkap. 

Dikonfirmasi Radar Metro, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, Sukatno. Menurutnya, untuk saat ini proses yang dilakukan yakni verifikasi berkas administrasi. Selanjutnya baru akan dilakukan verifikasi faktual masing-masing parpol.

Untuk dua hari ini kami masih melakukan verifikasi berkas parpol. Nanti akan dilanjutkan verifikasi faktual. Untuk jadwalnya akan dibahas lebih lanjut,” terangnya.

Ia melanjutkan, verifikasi faktual akan dilakukan dengan mencocokkan berkas parpol. Termasuk keberadaan kantor maupun jumlah anggota parpol yang minimal 1:1000 dari jumlah penduduk.

“Artinya jika jumlah penduduknya Kota Metro sebanyak 165.000, maka jumlah keanggotaan parpol minimal 165 orang. Namun nanti jumlah ini akan disesuaikan dengan SIPOL (Sistem Informasi Politik) KPURI,” jelasnya. 

Ia menambahkan, sebagai penentu lolos dan tidaknya parpol tersebut juga ditentukan oleh KPURI. “Untuk kewenangan parpol mana saja yang lolos atau tidak, menjadi kewenangan KPURI. Namun yang menjadi penilaian utama parpol tersebut harus sudah terdaftar KPURI,” tukasnya. (ria) 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here