Beranda Pendidikan Sosialisasi Penyakit Menular di SMP Ma’arif 5 Metro

Sosialisasi Penyakit Menular di SMP Ma’arif 5 Metro

202
0
BERBAGI

METRO – Dinas Kesehatan Kota Metro mengadakan sosialisasi penyakit menular di SMP Ma’arif 5 Metro. Kasi Penanggulangan Penyakit Menular (P2M) Jatmiko mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi penyakit menular di sekolah-sekolah adalah untuk memberi pengetahuan kepada siswa-siswi bahkan guru tentang bahaya penyakit menular.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa-siswi akan mampu menghindari dan mencegah terjangkitnya penyakit menular,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 40 siswa-siswi SMP Ma’arif 5 Metro dan didampingi beberapa dewan guru.

Sementara itu Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Ahmad Haryono, dalam sosialisasinya menekankan pentingnya pengetahuan dan tindakan prefentif tentang bahayanya penyakit AIDS.

Sementara Kepala SMP Ma’arif 5 Metro Machmud Nurokhim dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam agama Islam, umat Islam dilarang meminum- minuman keras, dan harus makan dari yang halal dan baik.

“Jadi kegiatan sosialisasi ini sangat bersinergi dengan pendidikan agama Islam, terlebih SMP Ma’arif 5 Metro adalah sekolah di bawah binaan organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama,” jelasnya.

Dengan adanya sosialisasi Dinas Kesehatan dan KPA, tentu banyak manfaatnya bagi siswa-siswi SMP Ma’arif 5 Metro. Mengingat sekolah tersebut terletak di jantung Kota Metro.

Sosialisasi tersebut dilakukan tidak hanya dengan ceramah, akan tetapi juga menggunakan audio dan visual sehingga mudah dipahami.

Menurut Ahmad Haryono, di Kota Metro sudah ada beberapa pasien AIDS, agar tidak terjadi penularan, maka tindakan prefentif sangat diperlukan. Seperti kegiatan sosialisasi.

“Bahaya yang saat ini cenderung merambah ke murid-murid adalah merokok, menghisap lem, mengkonsumsi obat-obat terlarang, dan masih banyak lagi,” terangnya. (cat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here