Beranda Radar News 5G Siap Geser Kepopuleran 4G

5G Siap Geser Kepopuleran 4G

35
0
BERBAGI

Oleh Noni Mastiana

Mahasiswa Pasca Sarjana, Fakultas Teknik, Universitas Lampung

Email: nonimastina@gmail.com

Saat ini kebutuhan akan teknologi baik teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini yang dirasa sangat cepat adalah teknologi telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.

Saat ini kita berada pada zaman dimana kita harus bergerak secepat kilat. Segala sesuatunya berubah setiap kali matahari terbit dan tenggelam. Hari esok datang dengan berjuta perkembangan dan hal-hal baru. Begitu halnya teknologi. Beberapa tahun belakangan secara tidak sadar merupakan tahun untuk awal perkembangan lahirnya sebuah dunia baru yang lebih modern dan lebih canggih di masa depan. Contohnya Handphone, dulu kita hanya mengenal handphone sebagai alat komunikasi biasa yang fungsinya hanya sekedar alat komunikasi jarak jauh dan media pengirim pesan. Sedankan kini, seiring berkembangnya teknologi, handphone berubah menjadi alat komunikasi lengkap dengan kamera, pemutar musik, akses internet, dan fasilitas canggih lainnya. Karena kecanggihannya inilah, pada tahun 2012 hingga sekarang nama handphone berubah menjadi smartphone.

Nah, penggunaan aplikasi-aplikasi pada smartphone yang saat ini kita gunakan bukan tidak lain menggunakan paket data sebagai salah satu syarat untuk proses pengunduhan. Ramainya media sosial, serta tingkat penggunaan media online seperti munculnya para youtuber, gamer, serta penikmat media social membutuhkan jaringan telekomunikasi yang mumpuni untuk dapat mengakses hal-hal tersebut.

Di beberapa tahun lalu kita menggunakan teknologi 3G, kemudian tahun lalu tepatnya di 2017 beberapa penyedia layanan telekomunikasi mulai gencar mempromosikan jaringan 4G mereka. Meskipun sebenarnya jaringan ini sudah mulai digunakan di beberapa negara besar sejak tahun 2010. Jaringan ini menyediakan solusi IP yang komprehensif di mana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan di mana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Pada teknologi ini kecepatan dapat mencapai 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik di dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi.

Namun dengan segala keunggulan 4G, rupanya tidak membuatnya bertahan dalam waktu yang lama. Kini, teknologi 5G mulai diperkenalkan ke masyarakat. Di Korea Selatan teknologi ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2017. Kecepatan yang ditawarkan oleh teknologi ini mampu mencapai 10Gbps (Giga bit per second) yakni 100 kali lebih cepat dari teknologi 4G. Dalam sebuah demonstrasi 5G yang dilakukan perusahaan Ericsson menggunakan interface radio dan teknologi Multiple-Input Multiple-Output (MIMO), teknologi 5G menghasilkan hasil kecepatan hingga 5 Gbps pada jaringan frekuensi 15 GHz. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here