Beranda Radar News Desa Negeri Katon Siap Dimonitoring

Desa Negeri Katon Siap Dimonitoring

70
0
BERBAGI

MARGA TIGA – Desa Negeri Katon, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur menata dan membangun desa dengan menggunakan anggaran dana desa (DD)  tahun2017. Bahkan hingga saat ini realisasi pembangunan tersebut telah mencapai 100 persen.

Kepala Desa Negeri Katon Sapidin didampingi Kasi PMD di Kecamatan Marga Tiga, I Wayan Muliyana, mengatakan sampai saat ini pihaknya masih menunggu jadwal monitoring tahap kedua dari Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Dinas Pekerjan Umum (PU) dan serta tenaga ahli ( TA ) dari Kabupaten Lampung Timur. Menurutnya, untuk pembangunan tahap 1 sudah rampung dengan penyelesaian sebesar 60 persen.

”Sekarang ini kami juga sudah menyelesaikan pekerjan dana desa tahun 2017 tahap kedua sebesar 40 %. Yakni dalam bentuk pekerjaan pembuatan drainase, gorong gorong dan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan realisasi sebesar 100%,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk semua kegiatan pembangunan dilaksanakan secara partisipasif oleh masyarakat desa dan diawasi oleh Ketua Badan Pengawasan Desa (BPD), dan anggotanya serta masyarakat setempat. Selaku Pendamping Desa Tenaga Ahli (PDTI) yakni M.Kiki Santan, pendamping desa (PD) dari kecamatan yakni Yuli Fitriani dan pendamping lokal desa (PLD) yakni Agung Priyadi. Pengawasan juga dilakukan oleh babinkamtibmas yang bertugas di Polsek Marga Tiga yang selalu turun langsung ke desa untuk mengawasi program kegiatan desa.

”Ada pun bentuk kegiatan pembangunan yang menggunakan anggaran DD tahun 2017 ini dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsinya (tupoksi) oleh tim pelaksanaan kegiatan (TPK) Rahman. Kemudian, untuk pelaksanaan pembangunan di Desa Negeri Katon berupa pembangunan Jalan Telford yang berada di Dusun dengan volume 8,9,11 dan 12 Volume 3 x 1.625 m, Gorong-Gorong Dusun 2,8,9,10,11 dan 12 Volume 5 x 0,6 x 0,6, drainase di Dusun  2,10 dan 11 Volume 0,6 x 0,4 x 0,25 (1.238) m, dengan total dana sebesar Rp.677.750.000,” paparnya.

Selanjutnya, untuk semua tenaga kerja tukang yang mengerjakan bangunan tersebut dilakukan dengan memberdayakan warga setempat didampingi oleh pendamping lokal desa (PLD) Agung Priyadi yang memgawasi program kegiatan pembangunan DD tersebut,  sehingga dapat dikerjakan selsai dengan baik.

Tidak hanya itu, tambahnya, sebagai kepala desa ia juga menegaskan kepada Tim Pelaksa Kegiatan (TPK) Miswanto, supaya bekerja sesuai dengan aturan UU dan RAB. Sehingga mutu dan kualitas bangunannya jadi terjamin. ”Untuk pembangunan DD ini, pencairan tahap awal sebesar 60% kata tim monitoring gabungan dari dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD), dinas PU, dan tim tenaga Theknik ahli(TA) dari kabupaten Lampung Timur sudah baik. Namun kami masih menunggu jadwal monitoring pembangunan tahap 2 dari Pemkab Lamtim,” jelasnya.

Diketahui, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, yang menghimbau kepada kepala desa se-Kabupaten Lampung Timur agar berhati-hati dalam melaksanakan program DD tahun 2017.

”Kepada semua kepada desa diharapkan dapat merealisasikan program DD sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sudah di susun melalui APBDes,” tegas Bupati.(adv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here