Beranda Radar News Desa Sukaraja Tiga Sukses Realisasikan DD 2017

Desa Sukaraja Tiga Sukses Realisasikan DD 2017

68
0
BERBAGI

MARGATIGA – Desa Sukaraja Tiga, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur sukses menata dan membangun desa dengan menggunakan anggaran dana desa (DD) tahun 2017. Dana yang dianggarkan APBN melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur tersebut telah terealisasi dengan baik.

Ini sesuai intruksi Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, yang menghimbau kepada kepala desa se-Kabupaten Lampung Timur agar berhati-hati dalam melaksanakan program DD tahun 2017.

”Kepada semua kepada desa diharapkan dapat merealisasikan program DD sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sudah di susun melalui APBDes,” tegas Bupati.

Kepala Desa Sukaraja Tiga, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur, Komang Priawan mengatakan, realisasi pembangunan desa melalui DD telah dilakukan dengan baik dengan mengutamakan mutu dan kualitasnya. Bahkan seluruh Lampung Timur dimulai dari kota sampai dengan pelosok desa, seperti Desa Sukaraja Tiga semakin banyak kemajuan semenjak adanya DD.

”Semua program kegiatan pembangunan yang menggunakan alokasi DD, untuk  penanggung jawab pengguna anggaran adalah kepala desa,” ujarnya didampingi Kasi PMD Kecamatan Marga Tiga I Wayan Muliyana, S.E, Selasa (09/01/2018).

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan program DD ini dilakukan secara partisipasif oleh masyarakat desa dan diawasi oleh Ketua Badan Pengwasan Desa ( BPD), serta anggotanya dan masyarakat sekitarnya. Selain itu juga Pendamping Desa dan Tenaga Ahli (PDTI). Kemudian, fan selaku pendamping desa (PD) dari Kecamatan Mohammad Kiki dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Siti Fatimah, dan Babinkamtibmas yang bertugas di Polsek Marga Tiga.

”jJadi semua kegiatan pembangunan yang menggunakan anggaran DD tahun 2017, sudah kami lakukan sesuai dengan tugas dan fungsinya (tupoksi) oleh tim pelaksanaan kegiatan (TPK) Carta yang bertindak sebagai pelaksana pembangunan di Desa Sukaraja Tiga,” paparnya.

Sementara itu, untuk kegiatan pembuatan fisik diantaranya pembangunan Lapen yang berada di Dusun 10 dengan Volume 925 x 2,5 m dan 450 x 3 m. Kemudian, Telford di Dusun 2 dan 9 Volume 1.170 x 3 m, Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun 1 Volume 0,3 x0 0,8 x 52 m, dan di Dusun 9  0,3 x 1,5 x 36 m, Dusun 10 0,3 x 0,6 x 73 m, Sumur Bor 40 M 1 Unit, Gorong-Gorong Dusun 1 Volume 3 m x 0,6 x 0,6 (2 Unit), Dusun 2,9 dan 10 Volume 4 m x 0,6 x 0,6 (5 Unit), Dusun 9 Volume 4 m x 2 m x 1,5 m (1 Unit), serta di Dusun 10 Volume 5m x 2m x 1,5m, dengan jumlah dana mencapai Rp.677.750.000,” bebernya.

Selanjutnya, untuk tenaga kerja pihaknya memberdayakan masyarakat setempat dengan didampingi oleh pendamping lokal desa (PLD) Siti Fatimah, yang selalu turun  langsung ke desa untuk mengawasi program kegiatan pembangunan  DD agar dikerjakan dan selsai dengan baik.

Tidak hanya itu, tambahnya, dalam kegiatan itu pihaknya juga menegaskan kepada TPK Carta, agar bekerja sesuai dengan aturan UU dan Rab. Sehingga mutu dan kualitas bangunannya jadi baik.

”Sampai saat ini realisasi pembangunan dengan DD tersebut juga sudah mencapai 100 persen. Karena itu kami tinggal menunggu jadwal monitoring tahap kedua dari Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (PMD) serta Dinas Pekerjan Umum (PU) dan tenaga Ahli (TA) dari Kabupaten Lampung Timur,” pungkasnya. (adv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here