Beranda Radar News Ketua RT/RW di Kelurahan Yosodadi Sebagian Besar Baru

Ketua RT/RW di Kelurahan Yosodadi Sebagian Besar Baru

151
0
BERBAGI

Foto Catur Kabianto/Radar Metro
Lurah Yosodadi Firti Minarni menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Ketua RT/RW terpilih secara simbolis.

METRO – Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk diserahkan kepada Ketua RT/RW terpilih. Acara pembagian SK tersebut berlangsung di aula Kelurahan Yosodadi, Rabu (10/01/2018).

Di Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur ada sebanyak 12 RW dan 34 RT. Dari jumlah tersebut, ada 5 RW dan 16 RT yang diganti.

Lurah Yosodadi Fitri Minarni dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para ketua RT/RW yang terpilih dan baru saja dikukuhkan. “Selamat bergabung dan selamat bekerjasama, saya ucapkan kepada bapak ibu sekalian yang telah terpilih menjadi Ketua RT/RW di Kelurahan Yosodadi,” tuturnya.

Fitri juga mengatakan, tanpa ketua RT/RW, ia tidak dapat bekerja. Karena ketua RT/RW memiliki peran penting untuk kelurahan. “Ketua RT/RW merupakan mitra kerja lurah dalam melaksanakan program-program kelurahan. Keberhasilan lurah, tanpa didukung oleh ketua RT/RW tidak ada artinya. Dan tanpa ketua RT/RW, kelurahan tidak akan maju,” paparnya.

Ia mengimbau kepada seluruh ketua RT/RW untuk mendukung satu sama lain dalam menjalankan program-program kelurahan. “Saya berharap sekali, ketua RT/RW yang baru saja dikukuhkan ini, lebih semangat dari ketua RT/RW sebelumnya. Karena kita masih banyak sekali PR yang harus dikerjakan,” pungkasnya.

Sementara Camat Metro Timur Rosita dalam sambutannya sedikit menjelaskan mengenai tugas-tugas ketua RT/RW. Karena hampir 75 persen, ketua RT/RW di Kelurahan Yosodadi yang terpilih adalah baru. “Tugas RT diantaranya menata kependudukan. Jadi nanti kalau lurah menyampaikan formulir pendataan penduduk harus diisi. Ini sering terjadi tapi tidak di sini, lurah minta data tapi gak balik lagi datanya itu. Nanti, apa pun bentuk data yang disampaikan oleh lurah, seperti pendataan penduduk, rumah kost, tanah, dan lainnya harus pulang lagi dan diisi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rosita menjelaskan mengenai tugas- tugas yang harus dilakukan ketua RT/RW. Diantaranya pelayanan administrasi pemerintah seperti mengurus surat pindah, membuat Kartu Keluarga (KK), dan lain-lain. Menjaga keamanan, ketertiban, dan kerukunan antar-warga, serta menggalakkan swadaya gotongroyong. (cat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here