Beranda Politik Panwas Gandeng Polres dan Kejari

Panwas Gandeng Polres dan Kejari

138
0
BERBAGI

Antisipasi Pelanggaran Pilgub

LAMPUNG TIMUR – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) memperkuat koordinasi dengan Polres dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lamtim. Ini sebagai upaya membangun sinergitas dan kesepahaman dengan mitra kerja dalam kesiapan menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 27 Juni 2018 mendatang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Lamtim Lailatul Kohoiriyah, SHI didampingi Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Uslih, S.Pd.I, mengatakan bahwa koordinasi dengan Kapolres dan Kajari Lamtim adalah sebuah langkah penguatan dengan mitra kerja. Sebagaimana diketahui bahwa sentra gakumdu terdiri dari unsur Panwaskab, Polres dan Kejaksaan.

“Maka dari itu koordinasi dan komunikasi yang interen harus terus dilakukan agar tugas masing-masing lembaga dalam mewujudkan pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil aman dan damai sesuai dengan peraturan perundang-undangan (UU) dapat terwujud khususnya di Bumei Tuwah Bepadan,” ujarnya, Senin (8/1).

Dalam tambahannya Uslih mengatakan, guna memperkuat langkah-langkah pencegahan agar tidak terjadinya pelanggaran dalam Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di Provinsi Lampung, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kapolres dan Kajari. Ini terutama terkait pencegahan terhadap pembagian sembako yang dilakukan oleh bakal calon.

Sementara itu, Kapolres Lamtim AKBP. Yudy Candra E S.Ik.,MH mengaku akan memerintahkan jajarannya di masing-masing polsek untuk membantu pengamanan. ”Ini terutama jika Panwas Kecamatan mendapatkan temuan-temuan yang mengarah kepada indikasi-indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh relawan bakal calon gubernur dan wakil gubernur,” paparnya.

Senada dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sukadana, Lamtim, A.Syahrir Harahap.SH,MH. Ia juga mengaku siap seratus persen menurunkan jajarannya bahkan ke kecamatan di seluruh Lampung Timur. “Jika dibutuhkan untuk melakukan klarifikasi terhadap yang melakukan pelanggaran dalam proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur khususnya di wilayah kerja Kabupaten Lampung Timur,” tukasnya. (ris/ria)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here