Semangat PKL SMKN 3 Metro Memperbaiki Travo Listrik

 

METRO – Di era modern saat ini, tenaga listrik memang sangat diperlukan masyarakat. Pasalnya, hampir semua fasilitas bergantung dengan arus listrik. Terlihat di Jalan Jenderal Soedirman, Kelurahan Ganjar Asri, terdapat tenaga teknik listrik sedang  memperbaiki travo yang rusak, dan dibantu oleh siswa SMKN 3 Metro dalam Praktik Kerja Lapangan (PKL) sesuai dengan jurusan mereka Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Dengan ditambah siswa yang PKL, pihak PLN mendapatkan keringanan dalam bekerja. Pasalnya, anak-anak yang PKL memang dituntut untuk pandai dan memahami cara kerja mereka selama di lapangan. “Sedikit meringankan kami di sini, karena bertambahnya tenaga kerja pastinya. Dan mereka selama PKL memang dituntut untuk memahami cara kerja kami selama di lapangan. Tetapi mereka masih anak sekolah, tenaganya tidak sekuat kami yang memang sudah biasa bekerja seperti ini, kami hanya menugaskan sebisanya mereka,” jelasnya, Jumat (19/01/2018).

Sementara itu, sekolah yang di bawah pimpinan Suindriyati ini, menghasilkan murid-murid yang memiliki minat belajar dan ingin tahu. Supriyadi, siswa kelas XI (TITL) yang mengikuti PKL SMKN 3 Metro, ia mengatakan, pekerjaan yang sangat sulit dan menguras tenaga harus diapresiasi. “Sulit Mbak, kerjaannya berat. Tapi dengan seperti ini ilmu saya bertambah, dan pengalaman kerja saya lebih luas pastinya,” tuturnya.

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman selama PKL, Supriyadi merasa bangga selama belajar di SMKN 3 Metro, saat ini ia telah mendapatkan ilmu pemasangan KWH dan pemasangan instalasi yang bisa diterapkan di luar lingkungan sekolah. “Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, selama sekolah di SMKN 3 Metro saya bisa memasang KWH dan instalasi. Selain itu saya juga ingin orangtua saya bangga dengan ilmu yang saya dapatkan,” ucapnya. (cw3)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM