549 APK Paslon Ditertibkan

METRO – Sebanyak 549 alat peraga kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung ditertibkan. Dari jumlah tersebut paslon M. Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri yang didapati paling banyak jumlah APK yang ditertibkan yakni sebanyak 241. Kemudian disusul oleh paslon Mustafa – Ahmad Jajuli sebanyak 168, dan paslon Herman HN – Sutono sebanyak 80 APK. Terakhir paslon Arinal Junaidi – Chusnunia Chalim sebanyak 60 APK.

Ketua Paswaslu Kota Metro Mujib mengatakan, penertiban dilakukan oleh tim gabungan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Polres, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Metro. Sesuai jadwal penertiban tersebut akan dilakukan mulai 12-14 Februari 2018.

“Pasca ditetapkannya pasangan calon (paslon) Pilgub, seluruh APK ini harus sudah diturunkan. Kami juga sudah mengirimkan surat ke para parpol pendukung untuk menurunkan APK. Karenanya pasca penetapan paslon kita langsung melakukan penertiban,” terang Mujib dikonfirmasi Radar Metro, Selasa (13/2/2018).

Mujib menjelaskan, dalam penertiban ini personil gabungan yang diturunkan kurang lebih sebanyak 70 orang. Mereka terbagi menjadi 5 tim penertiban yang terbagi di seluruh jalan protokol dan 5 kecamatan se-Kota Metro. “Sampai hari kedua penertiban ini sudah kurang lebih 50 persen APK yang kami tertibkan. Mudah-mudahan besok (hari ini, red) seluruh APK selesai ditertibkan,” terangnya.

Meski begitu ia mengimbau kepada seluruh tim sukses diharapkan bersabar dahulu sampai menunggu ketetapan dari KPU. Ini terutama mengenai pemasangan atribut dan lokasi yang disediakan KPU. “Khusus di tempat yang sudah ditetapkan iklan seperti bener dan baleho besar, kami juga mengimbau kepada biro iklan agar menurunkan APK Pilgub sampai batas waktu tanggal 14 Februari,” tegasnya.

Ia menambahkan, untuk materi pemasangan APK tersebut juga hanya ditentukan dan dikonsep oleh KPU. Selain itu, waktu pemasangannya juga hanya ditentukan oleh KPU. “Karena itu itu semua parpol pengusung dihimbau untuk bersabar,” tukasnya. (ria)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM