Beranda Pendidikan SMPN 1 Kota Metro Bangun Masjid Gunakan Anggaran Infaq

SMPN 1 Kota Metro Bangun Masjid Gunakan Anggaran Infaq

79
0
BERBAGI
FOTO VISKA JUARINA/RADAR METRO Para tukang sedang mengerjakan pembangunan masjid SMPN 1 Kota Metro.

METRO- SMPN 1 Kota Metro adalah SMP rujukan sekolah yang terkenal dengan prestasi. Sekolah yang menampung  hampir 800 siswa ini, merasa kurangnya fasilitas untuk ibadah sangat dirasakan. Dengan program infaq yang melibat semua sektor itu harus dilakukan, demi memenuhi fasilitas dan kebaikan sekolah yang menyangkut ilmu pada anak-anak. Sekolah yang terletak di Jalan AR Prawiranegara No 16, Kota Metro itu kini berusaha bersama-sama dalam berdirinya masjid di dalam lingkungan sekolah, Rabu (30/01/2018).

Dalam hal tersebut, Heri Purwanto selaku Waka Humas sekaligus Ketua Pembangunan Masjid SMPN 1 Kota Metro mengatakan, kecilnya musala yang  menampung 70 siswa  untuk salat, akhirnya program infaq dilakukan di SMPN 1 Kota Metro. “Dengan cara kegiatan infaq ini saya lakukan demi membangun masjid Mbak untuk sekolah. Yang dimana kita punya jumlah siswa dan guru hampir 800, sedangkan musala hanya menampung 70 orang kami manfaatkan ruang kosong dan dikhususkan untuk anak putri,” jelasnya.

Dalam berjalannya pembangunan masjid, Heri menambahkan, digalangnya infaq yang melibatkan semua sektor, tepatnya tanggal 13 Maret 2017 peletakan batu pertama oleh Walikota. Dengan dorongan bantuan dari ibu Walikota, tepatnya tanggal 16 Agustus 2017 masjid resmi dibangun. “Akibat minimnya fasilitas masjid kami pihak sekolah agar memiliki masjid. Apalagi SMPN 1 Kota Metro ini rujukan, sekolah yang hampir diminati oleh siswa dan wali murid tentunya. Alhamdulillah niat kami direspons oleh bapak walikota, tanggal 13 Maret 2017 peletakan batu pertama setelah itu, ibu walikota yang mendorong masalah pembangunan masjid. Dan mendapatkan bantuan secara pribadi sejumlah Rp2 juta,” paparnya.

Selain berupa uang donatur juga ada menginfaqkan  material semen, demikian dengan anggaran yang telah dikumpulkan  oleh SMPN 1 Kota Metro yang hampir setengah miliar yang didapatkan infaq dari berbagai sektor. Wali murid, alumni siswa, bapak-ibu guru, dan murid SMPN 1 Kota Metro. “Alhamdulillah niat baik kita didukung oleh Allah dan masyarakat tentunya. Untuk sejauh ini anggaran yang kita kumpulkan untuk membangun masjid sudah hampir setengah miliar, itu yang terkumpul hasil infaq dari berbagai sektor. Untuk donatur selain uang ada juga yang infaq material semen, ini ada alumni menyanggupi untuk infaq semen tapi kalau jumlahnya saya enggak tahu,” lanjutnya.

Heri Purwanto berharap, dengan dibangunnya masjid di dalam lingkungan sekolah bisa meningkatkan sikap religi murid-murid di dalam lingkungan sekolah. “Saya berharap dengan adanya masjid ini, K 13 SMPN 1 Kota Metro sekolah rujukan, contoh sekolah-sekolah lain, khususnya religius harus diterapkan. Maaf ya ngomong untuk siswa-siswi jujur, dalam satu kelasnya lima sampai dengan 10 siswa saja yang rajin ibadah. Kami  tegaskan beribadah di dalam lingkungan sekolah, dan saya juga berharap sebelum saya pensiun masjid ini sudah jadi,” harapnya sambil tetawa. (cw3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here