Tolak Ditertibkan, PKL Siap Dipolisikan

METRO – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Metro akan memberikan sanksi tegas kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang nakal berjualan di trotoar jalan protokol. Pasalnya, sanksi tegas akan diberikan dengan menyerahkan proses tersebut ke kepolisian.

Demikian dikatakan Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Metro Imron. Meski begitu kata, penertiban akan terlebih dahulu dilakukan dengan langkah persuasif. Yakni dengan memberikan surat teguran dan perjanjian secara tertulis kepada para PKL.

“Nanti akan kita berikan surat pemberitahuan, jika masih tetap kita akan keluarkan surat teguran. Kalau teguran masih juga, akan kita panggil lalu tanda tangan perjanjian. Baru kalau masih tetap saja, kita kenai sanksi,” jelasnya.

Ia mengatakan, penertiban PKL tersebut akan dilakukan di sekitaran Taman Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman (depan RS Mardi Waluyo), Pasar Tejoagung, dan Pasar Kopindo. “Di tempat-tempat itu yang akan kita tertibkan. Utamanya di Taman Merdeka Kota Metro. Yang lainya seperti di depan RS Mardi Waluyo, Kopindo, dan Tejoagung,” terangnya.

Selanjutnya setelah dilakukan penertiban, Satpol PP akan mulai menerapkan sanksi bagi PKL yang menolak ditertibkan. Namun, untuk sanksi yang akan dikenakan, pihaknya menyerahkan ke Polres Metro. “Kita akan mulai terapkan nanti,” tambahnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, selain menertibkan PKL pihaknya juga telah menertibkan parkir di beberapa jalan di Kota Metro. Diantaranya Jalan Imam Bonjol, Jalan Ahmad Yani, Shopping Center, dan seputaran Taman Merdeka.

“Kita sudah pasang plang larangan parkir di tempat situ. Ini hasil koordinasi antara Polres Metro dan juga Dishub. Makanya kita berikan plang larangan parkir,” paparnya.

Ia menambahkan, Satpol PP juga menempatkan personil di tempat-tempat yang rawan akan parkir liar maupun PKL. “Satu tempat itu minimal 5 anggota. Nanti bergantian berjaga disana. Pokoknya tempat-tempat yang rawan parkir liar dan PKL kita berikan penjagaan,” tukasnya. (ria)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM