Beranda Radar News Hari ini, Dinas PUTR Datangi Pemkab Lamtim

Hari ini, Dinas PUTR Datangi Pemkab Lamtim

45
0
BERBAGI

METRO – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Metro akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) untuk memperbaiki amblasnya jalan di perbatasan Metro Timur. Hari ini (2/3/2018), rencananya DPUTR akan mendatangi pemkab setempat.

“Besok (hari ini, red), rencananya kami akan datang ke Lamtim. Apalagi ini kan jalan provinsi perbatasan Metro dengan Lamtim,” terang Kepala DPUTR Kota Metro Ir. Irianto dikonfirmasi Radar Metro, Kamis (1/3/2018).

Menurutnya, koordinasi tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti perbaikan jalan tersebut apakah menggunakan dana APBD Lamtim atau Kota Metro. Namun, jika Pemkab Lamtim belum siap untuk proses pembangunannya Kota Metro siap melaksanakan perbaikan. “Kalau mereka tidak sanggup, kita siap memperbaiki,” terangnya.

Ia mengungkapkan, jika koordinasi tersebut telah dilakukan diperkirakan dalam minggu kedepan perbaikan jalan sudah bisa dilakukan. Namun, untuk saat ini koordinasi akan dilakukan untuk mengetahui siapa yang akan melakukan perbaikan.

Menurutnya, untuk perbaikan jalan sementara bisa dilakukan dengan menggunakan beton kemudian baru dilakukan penimbunan. Anggaran yang diperlukan untuk pembangunannya mencapai sekitar Rp50 juta.

“Kalau untuk jembatan sementara, saya rasa Rp50 juta cukup. Namun kalau untuk jembatan permanen biaya besar bisa mencapai Rp500 juta lebih,” paparnya.

Sementara itu, terkait banjir yang melanda sejumlah wilayah pihaknya sudah melakukan pengerukan untuk 20 titik. Meski begitu upaya pengerukan juga akan terus dilakukan khususnya di wilayah yang rawan banjir.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Metro A. Nasir mengaku berdasarkan hasil evaluasi banjir yang melanda sejumlah wilayah disebabkan tingginya debit air hujan. Sehingga saluran drainase tidak mampu menampung air, sehingga menyebabkan air meluap.

“Itu masalahnya debit air hujan tinggi. Buktinya hujan malam, siang sudah kering. Itu artinya secara teknis saluran drainase kita sudah bagus. Namun kapasitas airnya tinggi, sehingga tidak mampu menampung air. Karenanya Bapak Walikota sudah menyampaikan kepada provinsi untuk menggali lumpur-lumpur di sepanjang daerah aliran sungai (DAS),” paparnya.  (ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here