Beranda Nasional Rupiah DIbuka Melemah Tipis ke Level Rp 13.741 Per USD

Rupiah DIbuka Melemah Tipis ke Level Rp 13.741 Per USD

59
0
BERBAGI

JAKARTA – Nilai tukar Rupiah dibuka melemah dalam perdagangan pada Kamis (15/3). Rupiah dibuka melemah tipis 7 poin ke level Rp 13.741 per USD dari penutupan sebelumnya Rp 13.734 per USD.

Dikutip Bloomberg, sepanjang perdagangan, Rupiah terus melemah terhadap Dolar Amerika Serikat. Saat ini, posisi Rupiah berada di posisi Rp 13.746 per USD. “Pergerakan rupiah upaya sejumlah pejabat dan lembaga terkait dari dalam negeri dalam menenangkan pasar diharapkan memberikan sentimen positif pada pasar,” kata Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (15/3).

Reza mengatakan, pergerakan rupiah mampu kembali menguat seiring respon positif terhadap pernyataan beberapa pejabat dalam negeri yang lebih menenangkan pasar. Seperti diketahui, BI menyampaikan belum adanya potensi level terdepresiasinya rupiah hingga Rp 15 ribu per USD seiring masih terjaganya fundamental ekonomi Indonesia yang terlihat dari sejumlah indikator ekonomi. “Selain itu, juga disampaikan gejolak Rupiah lebih dikarenakan masalah psikologis dalam menanggapi potensi kenaikan suku bunga AS,” imbuhnya.

Reza menambahkan, pergerakan USD yang kembali melemah seiring pemberitaan dipecatnya Menlu AS oleh Presiden Trump memberikan kesempatan bagi Rupiah untu melanjutkan kenaikannya. “Tetap cermati dan waspada jika terdapat potensi pembalikan arah. Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.747 batas atas (resisten) 13.728,” tandasnya. (srs/JPC)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here