Warga Takjub Muncul Fenomena Cincin Matahari

METRO – Fenomena cincin atau Halo Matahari sempat membuat takjub warga Metro, kemarin Kamis (15/3/2018). Fenomena ini sempat diabadikan oleh masyarakat Kota Metro yang melihat kejadian langka tersebut.

Terbilang langka matahari mengeluarkan cincin seperti pelangi sedikit pudar dengan lingkaran penuh. Fenomena itu terjadi pada siang hari pukul 14.30 WIB. Fenomena itu menambah indahnya pemandangan langit.

Imelda (22) warga Kelurahan Mulyosari, Metro Barat mengatakan fenomena ini bagus dia langsung mengabadikanya. “Subhanallah. Bagus saya baru sadar pas lihat ke atas langsung saya foto,” kata Imelda.

Begitu juga yang dialami oleh Ika (19) warga Kelurahan Karangrejo, Metro Utara. Dia mengabadikan momen cincin matahari itu ketika sepulang kuliah. “Liat di wa ramai. Pas saya chek juga bener, ternyata bagus, langsung saya rekam,” kata Ika. Dari pantauan fenomena itu terjadi selama dua jam mulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Diketahui, Halo Matahari merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya. Di alam biasanya kita lihat saat bulan purnama atau saat matahari terang di siang hari.

Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari atau bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi.

Adapun proses terjadinya Halo Matahari adalah saat awan cirus hanya merefleksikan dan merefraksikan cahaya matahari, biasanya halo yang terbentuk hanya cincin yang tak berwarna. Namun jika pada sudut yang tepat, bisa terjadi juga dispersi sehingga cincin yang terjadi juga berwarna seperti halnya pelangi. (suf/ria)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM