3.779 Peserta USBN Dari 34 SMP di Metro

METRO – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMP sederajat di Kota Metro diikuti sebanyak 3.779 peserta dari 34 SMP sederajat se-Kota Metro. Ujian tersebut dimulai dari hari Senin (09/04/2018) hingga Senin mendatang (16/04/2018).

Pelaksanaan USBN di Kota Metro meliputi lima rayon  yang tersebar di lima Kecamatan Kota Metro. Pengamanan dan teknis pendistribusian soal USBN di Kota Metro terbilang ketat. Hal tersebut dikarenakan, soal ujian tidak langsung didistribusikan seluruhnya ke sekolah, namun  setiap harinya sub rayon mengambil soal USBN ke kantor Dinas Pendidikan. Kemudian, anggota rayon mengambil soal ke sekolah yang menjadi sub rayon tersebut.

Hal tersebut sebagaiamana dijelaskan oleh kepala SMP Muhammadiyah 1 Metro, Ahmad Kusnanto. “Mereka yang jadi sub rayon setiap pagi setelah subuh dateng ke kantor dinas untuk mengambil soal ujian. Lalu yang jadi anggota rayon mengambil soal ujian ke sekolah yang menjadi sub rayon tadi. Kita SMP Muhammadiyah 1 Metro menjadi anggota rayon dari SMPN  5 Metro, jadi setiap pagi kita ke sana untuk ambil soal ujian,” katanya.

USBN tahun ini masih menggunakan pensil dan kertas. lebih lanjut, belum ada permasalahan baik secara teknis maupun non teknis selama dua hari USBN  berlangsung. Pendistribusian soal juga berjalan aman tanpa kendala apapun. Untuk bobot soal ujian sebesar 25%  berasal dari pusat dan sisanya diserahakan kepada daerah masing-masing. Hal tersebut disambut baik oleh pihak daerah, karena seyogyanya yang mengerti permasalahan di sekolah dan pemahaman dari siswa adalah pihak sekolah masing-masing. (cw2)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM