Beranda Radar News DPRD Minta Diskes dan Disdag Sidak Swalayan

DPRD Minta Diskes dan Disdag Sidak Swalayan

25
0
BERBAGI

METRO – Masih banyaknya sejumlah makanan ikan kaleng dan makarel yang diduga mengandung parasit cacing di Metro menjadi perhatian DPRD. Karenanya dewan meminta Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan untuk segera mengambil tindakan tegas.

Ini seperti dikatakan Ketua Komisi III DPRD Kota Metro, Hendri Santoso, S.E. Menurutnya, perlu dilakukan koordinasi antara Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan untuk mengambil tindakan tegas. Ini khususnya dilakukan untuk melakukan penarikan makanan tersebut jika dinilai produk tersebut membahayakan.

“Jika ada dan diindikasikan mengandung cacing harus ditarik, walaupun kementrian kesehatan mengatakan tidak berbahaya. Tetapi pemerintah memiliki kewajiban melindungi masyarakat. Dan jika dianggap membahayakan wajib dilakukan operasi pasar,” katanya.

Menurut dia penggunaan produk-produk harus menjamin masyarakat di Kota Metro. “Setidaknya ada langkah kongkrit dari pemerintah.  Dan Dinas Kesehatan bisa merujuk ke Kemenkes,” imbuhnya.

Hendri menambahkan pemerintah Kota Metro tidak perlu menunggu petunjuk dari provinsi terkait masalah ikan kaleng tersebut jika dinilai sudah gawat. “Karena kita daerah otonomi, jika sudah tidak layak maka silahkan ditarik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar (Kadisdagsar) Kota Metro Leo Hutabarat ketika dihubungi pihaknya sedang melakukan survey dan pendataan di lima tempat di Kota Metro terhadap keberadaan makanan kaleng tersebut. “Rencananya kita akan turun dengan tim Satgas dan BPOM, namun waktunya sementara belum ditentukan,” ungkapnya.

Dilansir dari jawapos.com (Group Radar Metro) bahwa ada 27 ikan kaleng yang positif mengandung cacing parasit. Beberapa diantaranya adalah ABC, ABT, Fiesta, Hosen, King’s Fisher, dan lainya.

Pantauan di lapangan beberapa swalayan dan minimarket di Kota Metro, terdapat merek ikan kaleng yang diduga mengandung cacing parasit tersebut terpajang di rak-rak dagangan. (suf/ria)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here