Beranda Pendidikan Hari Pertama UNBKdi MAN 1 Lancar

Hari Pertama UNBKdi MAN 1 Lancar

26
0
BERBAGI
Foto Julian Ayuri/Radar Metro Siswa-siswi MAN 1 Metro melaksanakan UNBK hari pertama di ruang kelas yang telah disediakan pihak panitia. Terlihat pelaksanaan UNBK berjalan dengan khidmat dan tenang.

METRO –  Hari pertama, pelakasana ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Metro berjalan lancar. Seluruh siswa peserta ujian hadir tanpa ada yang izin.

Demikian dikatakan Kepala MAN 1 Metro Antoni Iswantoro di sela-sela saat dikonfirmasi Radar Metro, Senin (09/04/2018). Menurutnya, pada UNBK ada 390 peserta UNBK di MAN 1 Metro. Jumlah peserta tersebut ditambah dengan 7 peserta lainnya dari madrasah lain yang mengikuti UNBK di MAN 1 Metro yakni dari SMA Muhammadiyah 1 Metro.

“Untuk UNBK tahun ini sudah dipersiapkan dengan matang, karena ini merupakan tahun kedua sekolahnya mengikuti UNBK. Selain persiapan secara teknis, persiapan non teknis juga sudah dilakukan. Seperti simulasi yang diagendakan oleh pemerintah sebanyak tiga kali, tujuannya agar peserta sudah merasa terbiasa dengan UNBK yang sesungguhnya,” ujarnya.

Persiapan non teknis, kata dia, dilakukan dengan mengundang para orangtua peserta UNBK ke sekolah untuk diberikan sosialisasi. Sehingga orangtua bisa melakukan pengawasan dengan baik terhadap anak-anaknya yang akan mengikuti UNBK. Selain itu, pihaknya juga mengingat  kepada orang tua peserta UNBK agar tidak terkejut saat melihat hasil ujian yang sesungguhnya.

“Orangtua kita wanti-wanti dari awal agar tidak syok saat melihat hasil ujian anaknya. Ini adalah persiapan secara mental yang diberikan pihak sekolah bagi para peserta dan orangtua,” jelasnya.

Selanjutnya, UNBK tahun ini diharapkan dapat mengulang sejarah seperti ujian nasional dua tahun sebelumnya. Di mana salah seorang siswanya dari jurusan IPS mendapat predikat terbaik dan tertinggi se-Provinsi Lampung.

Pelajaran bahasa Indonesia sebagai pembuka UNBK tahun ini, menurut Antoni, meskipun bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional, namun pada kenyataannya banyak siswa yang kesulitan mengerjakan pelajaran tersebut.

Meski begitu tentunya semua sekolah mengharapkan siswa-siswinya menjadi yang terbaik pada hajat nasional tersebut. Lebih lanjut Antoni menambahkan bahwa para siswa SMA sederajat tidak dipersiapakan untuk bekerja, namun untuk masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, Antoni berharap siswa-siswinya banyak yang  lulus pada seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur undangan.

“Untuk tahun kemarin sebanyak 75% siswa kami lulus dan masuk perguruan tinggi tanpa tes, sehingga kami mendapat penghargaan atas prestasi tersebut. Harapannya tahun ini bisa mempertahankan prestasi itu,” kata Antoni.

Antoni mengungkapkan bahwa UNBK awal perjuangan menuju perguruan tinggi. “Setelah UNBK jangan berhenti begitu saja, namun harus segera memulai memilih dan memilah perguruan mana dan jalur mana yang akan dilalui untuk masuk perguruan tinggi pilihan,” pungkasnya.

Sementara itu, Syamsul Hadi Waka Kesiswaan SMA Muhammadiyah 1 Metro menambahkan bahwa hari pertama UNBK di sekolahnya berjalan dengan baik. Untuk jumlah siswa yang mengikuti ujian sebanyak 135 peserta. ”Sementara ini, pelaksanaan UNBK belum ada permasalahan baik teknis maupun non teknis,” tutupnya. (cw2/ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here