Beranda Pendidikan Lima Tips Sukses UNBK Oleh Bimbel Cendikia

Lima Tips Sukses UNBK Oleh Bimbel Cendikia

18
0
BERBAGI
Foto Julian Ayuri/Radar Metro Rika Gustiana, salah seorang pengajar di PAUD Nurul Arif, Metro Selatan sedang mengawasi Proses belajar mengajar di kelas.

METRO – Agar mendapatkan hasil terbaik pada UNBK tahun ini, perlu adanya kerja keras dan keseriusan dalam belajar. Pemilihan waktu belajar yang tepat akan memudahakan anak dalam menerima dan memahami pelajaran. Langkah awal yang harus dilakukan saat akan menghadapi UNBK yaitu, mencari waktu yang paling nyaman dan efektif untuk belajar.

Hal tersebut dikatakan Danang, Manager Oprasional lembaga bimble Cendekia, yang beralamatkan di Jalan  A. Yani No. 1 Tejoagung (24), Metro, Rabu (04/04/2018). ia juga menjelaskan kemampuam setiap anak berbeda-beda di dalam mata pelajaran yang ada. Oleh sebab itu, pelajaran  yang dianggap paling sulit sebaiknya didahulukan untuk dipelajari secara rutin. “Tips yang kedau yaitu, pilih pelajaran yang dianggap paling sulit untuk dipelajari secara intens,” tuturnya.

Lebih lanjut, mengulang kembali pelajaran yang sudah di pelajari pada pagi hari, setelah waktu shalat  subuh dan sore hari. Terlebih jika pelajar setelah magrib membuka bukunya kembali maka akan memudahkan siswa untuk menyerap pelajaran. “Disarankan untuk mengulang pelajaran yang sudah dipelajari pada pagi hari setelah subuh secara rutin dan pada sore hari setelah magrib,” katanya.

Lebih baik lagi jika belajar pada malam hari setelah shalat malam. Tapihal tersebut jika dilakukan, maka disarankan untuk tidur terlebih dahulu, agar fisik dan otak anak dapat beristirahat dengan baik. “Kami lebih menyarankan jika ingin belajar di malam hari, sebaiknya tidur terlebih dahulu. Baru setelah itu bangun untuk menjalankan shalat malam. Kemudian dilanjutkan dengan belajar pelajaran yang ingin dipelajari, itu akan lebih baik dan lebih optimal,” ungkapnya.

Jika terjadi masalah teknis saat mengerjakan soal UNBK, maka yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan tidak perlu khawatir. Harus berpikir positif, karena pihak sekolah sudah menyiapkan panitia yang akan menangani masalah tersebut. “Tidak perlu khawatir, tetap tenang dan berpikir positif saja. Lebih baik, segera laporkan ke panitia ujian jika terjadi kesalahan teknis saat mengerjakan soak-soal UNBK,” jelasnya.

Danang mengatakan, pada dasarnya UNBK sama dengan ujian pada umumnya, yang berbeda hanya pada medianya saja. “UNBK sama dengan ujian menggunakan pensil dan kertas, hanya saja media yang digunakan berbeda. UNBK menggunakan komputer untuk mengerjakan soal ujiannya, sedangkan ujian dengan pensil dan kertas seperti yang sudah kita ketahui bersama, dikerjakan di kertas dan menggunakan pensil yang sudah ditentukan,” tegasnya.  (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here