LKS Resmi Dibuka, Didik: SMK Diharapkan Memilki Jiwa Inovatif

METRO – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan ke-26 tingkat Provinsi Lampung telah resmi dibuka. Pembukaan tersebut dihadiri oleh Pjs. Gubernur Lampung, Didik Suprayetno, Walikota Metro, Ahmad Pairin, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Metro, Kepala Polres Kota Metro beserta jajarannya, Anggota TNI Angkatan Darat Koramil 411-16 Kota Metro beserta jajarannya, para panitia LKS ke-26 dan siswa-siswi SMK beserta pendamping dari 15 Kota dan Kabupaten di Lapangan Kampus Iringmulyo Kota Metro, Senin (09/04/2018).

Pembukaan acara tersebut dimeriahkan dengan beberapa persembahan pentas seni dari beberapa pelajar SMK se-Kota Metro, di antaranya penampilan seni reog ponorogo, marching band, penampilan grup vokal, tari siger, dan tari kreasi. Pelaksanaan LKS tersebut akan berlangsung hingga tanggal 12 April 2018 mendatang.

Jumlah peserta LKS tahun ini mencapai 243 peserta dari beberapa kabupaten atau kota di Provinsi Lampung, antara lain Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Barat, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat serta Way Kanan.  Ada 30 bidang lomba yang dilombakan pada ajang tersebut.  Kemudian akan dipilih masing-masing juara pertama dari 30 bidang yang ada untuk dikirim ke NTT pada ajang LKS ke-26 tingkat Nasional, demikian yang diungkapkan ketua panitia penyelenggara LKS ke-26 tingkat Provinsi Lampung di Kota Metro, Agus Rianto.

Pjs. Gubernur Lampung, Didik Suprayetno memberikan apresiasi setingi-tinginya kepada para siswa yang telah mempersembahkan pentas seni pada pembukaan acara tersebut, hal itu disampaikan pada awal sambutannya. Lanjutnya, ia mengingatkan kepada seluruh siswa-siswi SMK yang mengikuti ajang tersebut agar memilki kontribusi besar bagi negara Indonesia, dimana siswa-siswi SMK dipersiapkan dengan beberapa skill khusus sesuai dengan jurusan masing-masing, agar mampu untuk terjun langsung ke duania kerja setelah lulus dari sekolah. Bahkan lebih dari itu, Didik mengharapkan lulusan SMK dapat membuka lapangan pekerjaan, paling tidak bagi masyarakat sekitarnya.

Di akhir sambutan, Didik memberikan sedikit pesan agar siswa SMK dapat bersaing di era MEA saat ini.  “Sehubungan dengan hal tersebut, SMK harus mampu menjadikan siswa didiknya untuk dapat bersaing baik dalam skala nasioanal maupun internasioan, oleh sebab itu SMK harus bisa membekali anak didiknya supaya memiliki jiwa yang inovatif,” tegasnya.

Selanjutnya Didik didampingi pejabat setempat memukul gong sebagai simbol pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan ke-26 tingkat Provinsi Lampung.

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM