Beranda Radar News Luthfi Nyaris Tertipu GoJEK

Luthfi Nyaris Tertipu GoJEK

33
0
BERBAGI

///Diiming-imingi Uang Tiga Juta///

BATANGHARI – Nyaris tertipu! Luthfi Abir (17), warga Jalan Batanghari No.41 RT 015 RW 004, hampir saja dia menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan ojek online PT. GoJEK Indonesia. Untungnya Luthfi tersadar sebelum ia bergegas ke mesin ATM untuk melakukan hal yang diperintahkan oleh si penelepon.

Sabtu (14/4/2018), Luthfi mendapatkan telpon dari karyawan yang mengatasnamakan perusahaan GoJek Indonesia. “Sebenernya yang ditlpon itu no ibu saya. Katanya dari perusahaan GoJek. Dia bilang nomor hp ibuk saya itu dapet uang Rp3 juta, hadiah dari GoJek Indonesia. Soalnya no Ibu saya ternyata dipakai kakak saya untuk daftar GoJEK. Saya jadinya yakin lah kalau itu tidak bohongan. Ketambahan juga SMS yang dikirimkan keluar nama GoJEK. Sempet panjang saya ngobrolnya. Di situ dia nanya uangnya mau diterima lewat rekening atau dimasukan ke gopay akun gojek aja?” jelasnya, Minggu (15/4/2018).

Luthfi pun menjawab kirim melalui via rekening saja. “Saya jawab, berarti kalo masuk rekening, saya harus kasih no rekening saya? Kata dia, engga Mba, ga perlu. Saya bilang, ya sudah, kirim lewat rekening aja. Kata dia, baik saya akan mengirim kode verifikasi empat digit dan memberikan prosedurnya untuk Mba ambil di mesin ATM, kalo sudah saya kirim itu sudah jadi hak milik Mba, terserah mau ditabung saja atau ditarik tunai,” tuturnya.

Kemudian si penelepon tersebut menanyakan apakah kode verifikasi yang dikirimkan sudah masuk  atau belum. “Sudh masuk belum SMS dari GoJEK yang  berisikan kode empat digit. Kalau sudah bisas disebutin? Saya sebutin di situ. Nah oke Mba, nanti kalo Mba udah di mesin ATM, pertama Mba masukin password ATM, terus klik bahasa indonesia, transaksi lain, pilih GoJEK atau gopay Mba. Setelah itu masukin empat digit pertama kode tadi. Terus masukin nomor hp ibu Mba ini yang saya telpon, kemudian saya akan kirim enam digit nomor lagi untuk mengisi prosedur selanjutnya. Mba kira-kira berapa lama untuk menuju ke ATM? Karna kode yang enam digit ini hanya aktif saat Mba sudah di ATM. Saya bilang sekira  30 menit deh. Kata dia, oke Mba kami tunggu mohon telepon ini jangan dimatikan sampai Mba tiba di ATM. karena pembicaraan kita dari tadi sudah masuk rekaman utk bukti kepada atasan saya,” jelas Luthfi.

Akhirnya telpon tersebut dibiarkan saja oleh Luthfi. “Saya biarin aja. Saya telpon kakak saya dulu, sambil saya serching di internet. Dan akhirnya itu emg penipuan. Jadi setelah 30 menit itu dia msh telpon saya terus, sampe banyak gak saya angkat-angkat. Saya juga mencoba mengirim email ke GoJEK, dan ternyata memang benar GoJEK tidak pernah mengadakan undian ataupun hadiah seperti itu. KAta pihak GoJEK itu juga penipuan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here