Beranda Nasional Miris! SMANO Lampung Diduga Tarik Iuran untuk Acara Pelepasan Siswa

Miris! SMANO Lampung Diduga Tarik Iuran untuk Acara Pelepasan Siswa

94
0
BERBAGI
Pelepasan siswa kelas tiga SMANO Lampung

METRO – Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (SMANO) Lampung, yang beralamatkan di Kelurahan Tejosari,  Metro Timur berdalih tidak mengetahui iuran uang yang dibebankan kepada siswanya untuk acara pelepasan, pada hari Sabtu (21/4/2018) lalu.

Diduga ada tarikan uang iuran kepada siswa kelas satu sampai dengan kelas tiga untuk acara pelepasan dengan nominal Rp30 ribu sampai Rp150 ribu per siswa.

Drs. Hendro Suyono selaku Kepala Sekolah ketika dikonfirmasi enggan berkomentar dan mempersilahkan wartawan mewawancarai Humas SMANO Metro.

Di tempat yang sama, Safrizal selaku Humas SMANO Lampung mengatakan, tidak ada iuran khusus untuk menggelar acara pelepasan tersebut. Semua murni dari OSIS SMANO Lampung yang mengelola. Menurutnya karena ini acara siswa, semua kegiatan siswa yang mengkoordinir.  “Kalau setahu saya kemarin informasi dari siswa mereka yang mengkoordinir. Yang baru sampai ke saya acara kegiatan dengan biaya yang mereka kelola sendiri. Pihak sekolah hanya sebatas pendamping. Kita pun tidak membebankan biaya kepada siswa,” katanya.

Ketika ditanya soal anggaran yang dipakai, pihaknya mengatakan SMANO Metro sama sekali tak mengeluarkan anggaran untuk kegiatan pelepasan tersebut terlebih, mereka tidak mengetahui jumlah anggaran yang diperlukan untuk acara tersebut. “Saya belum ada masukan (jumlah iuran, red), karena saya humas mereka yang punya kegiatan ini OSIS sama Kesiswaan,” katanya.

Sayang sekali, pihak sekolah berdalih tidak mengetahui masalah pembiayaan acara tersebut. Padahal, mereka mengatakan mendampingi. “Setau saya kemarin informasi dari siswa mereka itu memang yang mengkoordinir. Kalau donatur saya belum mendapat informasi apakah mereka berinisiatif mencari sumbangan ke instansi atau donatur,” katanya.

Diduga iuran uang kegiatan pelepasan dikoordinir oleh siswa melalui OSIS dan Kesiswaan. Dengan jumlah besaran iuaran berbeda-beda di tiap tingkat kelas.

AY (17) salah satu siswa mengatakan dirinya dibebankan iuran untuk kegiatan pelepasan tersebut. “Sekira lima puluh ribu, pokoknya sekira lima puluh ribu, untuk keperluan acara pelepasan,” katanya denga gugup dan cemas.

SA (16) salah satu siswa mengatakan. Siswa dibebankan sesuai kelasnya, kelas satu dan dua sekira Rp 30 ribu dan kelas 3 sekira Rp 150.000. “Ya tergantung kelasnya Kak. Soalnya beda kelas beda iuran,” tukasnya. (rnn/pan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here