Beranda Nasional Ops Patuh, Kasyfi: Lengkapi Perlengkapan dan Kelengkapan Kendaraan Anda

Ops Patuh, Kasyfi: Lengkapi Perlengkapan dan Kelengkapan Kendaraan Anda

57
0
BERBAGI

METRO – Polres Metro melalui Satlantasnya, akan segera melakukan Operasi (ops) Patuh. Lain halnya dengan operasi keselamatan tempo hari. Kali ini lebih menekankan penindakan, bukan imbauan seperti operasi keselamatan bulan lalu.

Ops Patuh ini akan dilaksanakan mulai Kamis 4 April mendang, sampai dengan sembilan Mei 2018.  AKP M Kasyfi Mahardika, Kasat Lantas Polres Metro, mendampingi AKBP Umi Fadilah Astutik selaku Kapolres Metro menjelaskan, Operasi Patuh akan dilaksanakan serentak di Indonesia. “Sasaran giat kali ini adalah pengendara roda dua dan roda empat yang tidak melengkapi surat-surat kendaraannya.Bukan hanya itu, kita juga menindak kepada pengendara yang tidak melengkapi perlengkapan kendaraan. Sebagai contoh seperti spion dan safety belt (sabuk pengaman pada mobil),” jelasnya, Senin (23/4/2018).

Sat Lantas Polres Metro juga akan menindak tegas pengendara yang berkendara melawan arus lalulintas. “Bahaya itu sebenarnya ngelawan arus. Selain berbahaya untuk diri sendiri, hal tersebut juga berbahaya untuk orang lain. Oleh sebab itu kita akan menindak tegas. Kita juga akan menindak  kendaraan roda empat yang membawa muatan melebihi batas maksimal. Jadi kalau mobil membawa muatan melebihi batas, selain tidak aman untuk kendaraan itu sendiri juga akan merusak jalan. Misal jalannya hanya berkekuatan 20 Ton, tapi mobilnya bawa 25 Ton, ya pasti ancur kan jalannya,” paparnya.

Operasi Patuh diadakan juga dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan nyaman menjelang bulan suci ramadhan. “Sebentar lagi bulan puasa kan ini. Kita juga mengantisipasi tindak kriminal dari sini. Kita akan mengamankan dan menindak tegas pengendara yang mencurigakan. Apalagi mereka tidak melengkapi surat-surat, pasti kendaraan akan kita amankan dulu sampai yang punya menunjukan kelengkapan surat kendaraan tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kasyfi mengatakan giat kali ini tidak seperti giat sebelumnya. “Sebelumnya itu kan Operasi Keselamatan. Waktu itu kita membagi-bagikan helm kepada pengendara yang tidak mambawa helm. Intinya kalau giat yang kemarin itu kita mengimbau. Kita mensosialisasikan pentingnya keselamatan berkendara. Kalau giat kali ini jadi lebih ke tindakan. Yang salah ya kita beri sanksi. Bukan seperti kemarin,” paprnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Metro untuk mempersiapkan seluruh baik perlengkapan maupun kelengkapan kendaraan. “Masih ada waktu tiga hari lagi. Jadi ayo dari sekarang kalau emang pajeknya telat segera dibayar. Kalau spionnya ga ada ya ayo dipasang. Pokoknya semua yang seharusnya jadi kelengkapan dan perlengkapan ayo dipasang. Biar nanti tidak kita beri sanksi pas giat,” tukasnya. (pan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here