Pemkot Anggarkan Rp4 M Renovasi Pacen

METRO – Musibah kebakaran yang melanda tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Cenderawasih (Pacen) direspon cepat pemerintah setempat. Pasca kebakaran pemerintah langsung melakukan rapat untuk memberikan bantuan kepada para korban.

“Tadi kita sudah rapatkan. Masalah bantuan sesuai aturan kita hanya diperbolehkan memberikan bantuan sembako,” terang Walikota Metro Achmad Pairin dikonfirmasi awak media, Jumat (13/4/2018).

Menurutnya, pasca musibah tersebut pedagang diperbolehkan jika ingin kembali membangun kios. Namun kios tersebut hanya bersifat sementara, dan bukan permanen. Karena kata dia, pemkot telah mengganggarkan pembangunan Pacen tersebut sebesar Rp4 miliar.

“Kita ingin pasar ini memenuhi kriteria pasar. Seperti tempat parkir dan jalan. Anggaran ini nanti untuk renovasi lantai atas Pasar Cenderawasih. Kita juga ingin renovasi pasar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat baik pedagang maupun pembeli,” paparnya.

Selanjutnya, dalam renovasi pasar tersebut nantinya tangga menuju lantai atas rencananya akan dibuat eksklator untuk memudahkan pedagang dan pembeli. Dikatakannya, renovasi pasar tersebut dilakukan untuk memindahkan sebagian pedagang di lokasi penampungan. Sehingga pasar lebih tertata.

Namun jika masih memungkinkan ia menginginkan bisa dibangun mushola dan wc umum. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat bagi pedagang maupun pembeli. Selain itu jika memungkinkan di pintu masuk akan dibuatkan gapura. Selain itu jalan di depan lokasi pasar juga bisa dilebarkan.

“Nanti desain renovasi akan dilakukan sesuai dengan peruntukannya. Ada jalan, lahan parkir, ada mushola dan toilet umum. Sehingga nanti jika ada musibah kebakaran seperti ini mobil bisa masuk. Dan kebakaran bisa cepat diatasi,” ungkapnya.

Selanjutnya, untuk renovasi tersebut rencananya akan dilakukan pada Juli 2018 mendatang. Nantinya terlebih dahulu juga akan dilakukan tender penataan pasar tersebut. “Untuk tender rencananya akan dilakukan sekitar Mei. Sedangkan untuk tahap renovasi diperkirakan awal Juli mendatang,” tutupnya. (ria)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM