Pergi ke Japan, Fitri: Kenalkan Budaya Indonesia

METRO- SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan (School of Holistic Education) Kota Metro berencana akan empat perwakilan siswanya sebagai delegasi ke negara Jepang, 12 hingga 26 April mendatang. Tentu saja siswa-siswi yang terpilih sudah melewati seleksi yang cukup ketat.

Hal tersebut juga untuk mendukung Pemkot Metro untuk mewujudkan Visi Kota Metro sebagai kota pendidikan. Melalui tahapan seleksi yang ketat oleh Japan Foundation yang berada di Jakarta, SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan berhasil menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia. Hal tersebut dijelaskan oleh Fitri Ayu Arumsari guru pendamping sekaligus guru bahasa Jepang di sekolah tersebut. “Awalnya saya tau ada program ini dari internet, terus saya coba-coba buat proposal dan Alhamdulillahnya proposal saya itu lolos seleksi,” kata Fitri, Sabtu (07/04/2018).

Fitri mengungkapkan, ini merupakan kali pertamanya mengikuti program semacam itu. Tanpa disangka-sangka, proposal yang dibuatnya dapat menghantarkan empat anak muridnya untuk menjadi delegasi dari Indonesia, guna menimba ilmu ke Jepang. Keempat anak tersebut di antaranya Indah Sawitri Kelas 8 Al-Alim, Afanin Yuli Safitri Kelas 8 Ar-Rasyid, Muhammad Ahnaf Defka Rizqia dari Kelas 7 Ar-Rahman, Serta Ilham Surya Pratama dari Kelas 7 Ar Rahman.

Anak-anak tersebut mendapat kesempatan untuk berangkat ke Jepang dengan beberapa tahapan seleksi, Salah satunya seperti memiliki kemampuan untuk menulis dan berbicara. Dan paling tidak mengenalkan diri sendiri dalam bahasa Jepang.

Awalnya, pemilihan calon delegasi dilakukan dengan sayembara di dalam sekolah dan di ikuti oleh banyak siswa. Namun, yang terpilih hanya empat siswa tersebut karena dianggap memilki kemampuan lebih dibanding peserta lainnya. Selain itu, keempat delagasi itu merupakan anggota dari Japanese club yang ada di sekolah tersebut.

Keberangkatan empat delegasi Itu dalam rangka mewakili Indonesia untuk serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh yayasan Hakuho pada program ‘Hakuho Scheme For Global Children’s Japanese Language Network 9th Experience Program For Overseas Children’.

Sebagai delegasi Indonesia, tentunya empat anak tersebut memilki kewajiban untuk memperkenalan kebudayaan Indonesia, terutama kebudayaan Lampung di kancah Internasional. Program tersebut mengikutsertakan beberapa negara lain seperti India, Vietnam, Malaysia, Russia, United Kingdom, Australia, Taiwan, Turki, Hungary, Philippina, Thailand, dan Sri Langka.

Perlu diketahui, Hakuho Foundation merupakan yayasan di bawah naungan Hakuhodo yang merupakan perusahaan periklanan terbesar kedua di Jepang dan terbesar ke empat di dunia. Fitri menambahkan bahwa sebelumnya dirinya telah berangkat terlebih dahulu pada bulan November hingga Desember tahun lalu, untuk mengikuti training persiapan sebelum acara dimulai pada bulan April mendatang. Pihaknya sangat mengharapkan adanya apresiasi lebih dari pihak pemerintah. Karena keberangkatan empat delegasi itu membawa nama Lampung dan Indonesia secara umumnya. (cw2)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM