Premium Langka! Andy: Itu Makanan Sehari-hari Masyarakat

METRO – Sudah dua tiga bulan terakhir, BBM jenis premium menjadi sangat langka. Dari keterangan Sabar, Pengawas SPBU Ganjarasri menjelaskan, hal tersebut dikarenakan pengurangan pasokan dari Pertamina.

Selain pengurangan pasokan, yang menyebabkan langkanya BBM juga dikarenakan pengiriman BBM yang tidak beraturan. “Dari awalnya 16.000 liter sekarang menjadi 8.000 liter sekali pengiriman. Separo sendiri pengurangannya. Mungkin karena sudah tidak disubsidi ini bensin dikurangi terus. Gimana juga gak telat terus Mas, orang ngirimnya enggak tentu, kadang pagi, siang, bahkan malam,” jelasnya, Senin (02/04/2018).

Sabar juga menegaskan, jika pun premium tersedia, itu mungkin hanya satu sampai dua jam saja sudah Habis. “Buka jam enam saja nanti jam delapan sudah habis, apalagi kaya sekarang ini kan hari Senin, jadi banyak orang yang berangkat ngantor,” imbuhnya.

Kelangkaan premium tidak terjadi hanya di SPBU Ganjarasri saja, dari pantauan Radar Metro di lapangan, sejumlah SPBU seperti, SPBU Ganjaragung dan SPBU Tejosari juga habis tidak tersisa.

Lebih lanjut, Sabar lebih memilih BBM jenis premium dihilangkan saja dari pasaran. “Mending dihilangkan saja sebenarnya. Kalau telat terus kaya gini malah kita yang dibuat pusing. Sudah datang tidak pasti, jatahnya sedikit juga,” tegasnya.

SPBU Ganjarasri sudah menerapkan jumlah maksimum pengisian premium. “Untuk kendaraan roda dua maksimum mengisi Rp40.000 saja. Sedangkan untuk roda empat hanya mentok di angka Rp150.000,” ucapnya.

Sangat disayangkan, meskipun sudah ada aturan seperti itu, masih lemahnya pengawasan membuat celah bagi pengendara untuk bolak-balik isi BBM di sana. “Dulu pernah diberlakukan setiap isi BBM pasti bannya di coret pake cat. Jadi ketauan kalau dia sudah isi BBM sebelumnya, cuman kalau sekarang ini sudah tidak lagi,” paparnya.

Andy (26), Warga Ganjarasri menjelaskan, ia sudah tiga kali dari kemarin siang bolak-balik ke SPBU tapi habis. “Sudah tiga kali saya ke SPBU tapi selalu tidak ada, habis terus. Tentunya hal ini membuat kita kecewa. Masak setiap ke sini abis terus. Premium langka itu sudah makanan kita sehari-hari,” jelasnya.

Karena kelangkaan premium, sampai-sampai akun Facebook atas nama Suban ber

komentar. “Saat ke SPBU lihat tulisan ini rasanya sedih banget,” tulis dia di Facebook.

Pantauan Radar Metro di lapangan, jenis BBM yang mengalami kelangkaan hanya jenis premium saja. Sedangkan pertamax, pertalite, dan solar tidak mengalami kelangkaan. (pan)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM