Tiga Aspek K13, Perlu Diterapkan di PAUD

METRO- Sebagai pendidikan awal, pengenalan berbagai hal pada anak PAUD perlu untuk dilakukan. Sebagaimana yang telah tercantum di kurikulum 2013 (K13), bahwasanya setiap harinya pelajaran yang harus diperkenalkan pada siswa minimal mencakup tiga tema.Tiga tema itu meliputi aspek agama, berhitung, dan berbahasa.

Rika Gustiana, salah seorang pengajar PAUD Nurul Arif, Metro Selatan menjelaskan. Banyak orangtua mengganggap bahwa anak yang disekolahankan dijenjang PAUD harus bisa membaca.Hal tersebut sebenarnya perlu diluruskan, PAUD atau KOBER merupakan tempat untuk pengenalan dengan metode bermain  bagi anak-anak usia dini. “Belum ada penekanan bagi anak untuk bisa membaca dan menulis, karena masa PAUD merupakan masa dimana anak berada pada masa keemasan,” jelasnya, Rabu (04/04/2018).

Rekreasi merupakan salah satu tema pelajaran yang diberikan di PAUD. Rekreasi tidak hanya jalan-jalan semata, namun mengenalkan berbagai objek penting yang ada di sekitar. Selain itu, pengenalan agama penting untuk dilakukan. Karena anak usia PAUD memiliki daya ingat yang tinggi. Sehingga hal apapun yang disampaikan akan terekam dengan baik oleh anak usia dini. “PAUD Nurul Arif setiap harinya sekira jam 10 kita ngaji bareng, belajar wudhu, belajar shalat itu sudah rutin kita lakukan,”kata Rika.

Lebih lanjut, Rika menjelaskan bahwa dari PAUD, anak langsung bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang SD, jika umur anak tersebut sudah memadahi. “Jika anak sudah mencapai umur lima sampai enam tahun, maka anak bisa langsung masuk SD tanpa harus melanjutkan ke sekolah TK. Namun, dengan pertimbangan bahwa anak tersebut sudah bisa membaca dan menulis. Oleh sebab itu, ada kelas khusus bagi anak PAUD yang sudah hampir mencapai umur lima tahun. Pelajarannya akan ditingkatkan seperti pelajaran TK,” tandasnya. (cw2)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM