Beranda Pendidikan TK Pertiwi Gelar Giat Holistik Integratif

TK Pertiwi Gelar Giat Holistik Integratif

23
0
BERBAGI
Foto Julian Ayuri/ Radar Metro Bunda PAUD Kota Metro Heriyati,  sedang memberikan sambutannya pada acara gebyar holistik integratif di lapangan TK Pertiwi Metro, Jumat (13/04/2018).

METRO-  Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Metro menggelar gebyar holistik integratif di lapangan setempat, Jumat (13/04/2018). Acara yang mengusung tema menjadi tanggung jawab kita bersama  mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, gembira, dan berakhlak mulia tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat Kota Metro.

Rangkaian acara diisi dengan pameran  kreasi berupa mozaik dari siswa setempat dan stand berjualan bagi siswa yang d idampingi oleh staf pengajar. Barang yang dijual merupakan sayuran hasil panen dari kebun setempat . “Jadi ini yang dijual sayuran yang ditanem sama anak-anak kita di kebun sekolah. Jadi ceritanya ini lagi panen besar dan pembelinya juga wali murid dari anak-anak itu sendiri. Tujuannya ya untuk melatih jiwa usaha dan mau kerja keras dari anak-anak itu,” kata Astuti Ningsih Kepala TK melalui salah seorang staf pengajarnya.

Pada sambutannya, Astuti Ningsih mengungkapkan salah satu tujuan acara untuk mendukung visi Kota Metro sebagai kota pendidikan dan wisata keluarga berbasis ekonomi kerakyatan berlandaskan pembangunan partisipatif.  Lebih lanjut, program holistik integratif merupakan upaya untuk mengembangkan anak usia dini yang dia lakukan untuk memenuhi tujuan utama dari anak-anak yang beragam. Program tersebut memilki lima layanan seperti layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan, dan layanan kesejahtreraan. Pada kesempatan tersebut, Astuti Ningsih menjelaskan secara detail mengenai penerapan lima layanan itu di sekolahnya.

Menurutnya program tersebut direspon baik oleh Dinas Pendidikan Kota Metro. Sehingga semakin memacu pihaknya untuk menjadi lebih baik lagi. Pihaknya juga meminta dukungan dari pemerintah dalam rangka mencerdasakan generasi bangsa Indonesia.

Heriyati, bunda paud Kota Metro memberikan apresisai dan mendukung sepenuhnya kegiatan dan program tersebut. ”Saya harapkan tidak hanya TK Pertiwi saja yang melaksanakan program ini, namun semua TK dan kelompok belajar yang ada di Kota Metro. Tujuannya untuk mendapatkan generasi pengganti terbaik di masa depan melalui program holistik integratif ini,” paparnya.

Ia juga berharap kedapanya ada guru TK dari kaum laki-laki agar ada keseimbangan dari mental anak-anak TK. Lanjutnya, wali murid harus ikut serta dalam mendidik anak-anaknya di rumah. Baik dari perilaku maupun perkataan sehari-hari. “ Jangan hanya menyerahkan sepenuhnya pada pihak sekolah, tetapi mendidik dan mengajar anak juga merupakan tanggung jawab orangtua. Karena pada dasarnya waktu anak lebih banyak berada dirumah,” tegasnya. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here