Jelang Ramadan, Daud: Lima Hal untuk Memajukan Islam

METRO – Universitas Muhammadiyah (UM) Metro menjadi tuan rumah pada kajian songsong ramadhan dengan mengusung tema Meneguhkan Komitmen Mewujudkan Islam Berkemajuan, Sebagai Syuhadha Alan Naas yang dibuka secara resmi oleh Marzuki Noor, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di aula gedung E setempat, Senin (07/05/2018).

Daud Sidiq, Ketua Pimpimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) menyampaikan bahwa kajian tersebut merupakan kajian tahunan yang diselenggarakan oleh PDM  Kota Metro. “Kajian ini adalah kajian rutinan yang diselenggarakan untuk menyambut bulan suci ramadhan. Dalam hal ini, untuk lokasi kegiatan selalu diatur secara bergantian di amal usaha Muhammadiyah,” katanya saat menyampaikan sambutan pada kajian tersebut.

Marzuki Noor, mengatakan bahwa kajian  tersebut merupakan kesempatan yang luar bisa di mana para kader dapat memahami  Muhammadiyah yang berlandasakan pada keputusan tarjih.”Sebagaimana tema yang diangkat hari ini , Meneguhkan Komitmen Mewujudkan Islam Berkemajuan, Sebagai Syuhadha ‘Alan Naas  dimaksudkan muhammadiyah itu menginginkaan seperti apa makna islam berkemajuan , pada dasarnya tema tersebut masih menjadi teori yang belum bisa terukur secara jelas untuk diterapkan,” katanya.

Lebih lanjut, ia menyampaiakn bahwa ada lima hal yang bisa digunakan untuk mewujudkan Islam yang berkemajuan.  Menurutnya jika lima hal tersebut dapat diterapkan maka kader muhammadiyah dapat  dapat bergerak maju sesuai dengan standar Islam yang semestinya. “Lima hal yang harus ada dan menjadi pegangan kita dalam mewujudkan Islam yang berkemajuan antara lain emansispasi, amar ma’ruf atau mengajak pada kebaikan, humanisasi, nahi mungkar atau mencegah pada yang mungkar, tradensi, kemudian di terapkan dalam konsep bergerak maju,” ungkapnya.

Lanjutnya, menajukan Islam itu adalah titik akan tetapi bukan islam yang dimajukan. Namun bagaimana seharusnya organisasinya yang bergerak maju untuk mengejar Islam. Menurutnya Islam sudah murni dan mutlak. “Oleh sebab itu, kita harus maju dalam pengamalannya sehingga mampu mencapai gerakan yang sesuai dengan yang Islam inginkan,” tukasnya. (cw2)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM