Beranda Pendidikan Metro Peringati Hardiknas ke-129

Metro Peringati Hardiknas ke-129

21
0
BERBAGI

METRO – Berdasarkan surat keputusan Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia tanggal 29 Maret 2018 nomor 17445/MPK.A/TU/2018. Mengharuskan seluruh provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia mengusung tema hari Pendidikan Nasional dengan tema, ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’.

Sesuai dengan surat keputuan dari Kemendikbud tersebut  maka di haruskan bagi seluruh lini di bawah naungannya untuk melaksanakan upacara peringatan Hardiknas. Namun, berdasarkan pantauan Radar Metro di lapangan banyak sekolah yang tidak melaksanakan upacara tersebut di sekolahnya. Selain upacara, dalam surat dari kemendikbud diminta untuk mememberikan penghargaan bagi siapa saja yang memiliki andil besar atau berjasa dalam hal pendidikan. Selain itu diminta pula bagi pejabat daerah untuk berziarah ke makam pahlawan di daerah masing-masing.

Kota Metro yang notabenenya sebagai kota pendidikan menggelar upacara peringatan hari Pendidikan Nasional dengan tema tersebut. “Pendidikan dan kebudayaan merupakan dua hal yang harus seimbang. Semua sudah mempunyai alur sendiri-sendiri. Kita harus melestarikan kebudayaan asli Indonesia, akan tetapi di sisi lain kita juga harus meningkatkan mutu pendidikan,” tutur Pairin, Walikota Metro, pada amanat upacara peringatan Hardiknas, Selasa (02/05/2018).

Indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang harus dilestarikan. Melalui Hardiknas tersebut, Pairin juga mengajak masyarakat untuk menunjukan ke bangsa asing bahwa masyarakat Indonesia mempu menjaga kebudayaan tersebut. “Kita ini mempunyai kebudayaan asli yang beragam dan sangat banyak sekali. Jangan sampai kita sebagai orang asli Indonesia melupakan kebudayaan tersebut. Kita harus menjaga warisan leluhur bangsa ini,” tegasnya.

Guna mencapai tujuan untuk bangsa, masyarakat diharapkan mempu iklhas saat melakukannya. “Kita harus ikhlas jika melakukan sesuatu. Terlebih melestarikan warisan leluhur. Jangan sampai merasa terbebani. Jika tidak merasa terbebani maka ada nilai ibadahnya jug kan,” paparnya.

Lanjutnya, dengan kebudayaan yang maju maka pendidikan Indonesia juga akan lebih kuat lagi. ia juga mengajak bagi seluruh lapisan masyarakat agar mau bersama-sama untuk terus mengembangakan dan mencari kekayaan budaya Indonesia untuk terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Tujuannya agar dunia luar melihat Indonesia sebagi negara yang berbudaya. Tidak hanya itu, ia berharapa agar kedepanya semua lapisan masyarakat dapat melihat Indonesia sebagai negara yang besar melalui budaya dan pendidikan yang kuat. (pan/cw2)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here