Beranda Pendidikan Perpisahan SMP Sederajat Dilaksanakan Serentak

Perpisahan SMP Sederajat Dilaksanakan Serentak

78
0
BERBAGI

METRO – Sabtu, (12/05/2018) nyaris seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat baik swasta maupun negeri di Kota Metro serentak mengadakan perpisahan atau pelepasan siswa kelas sembilan.

Demikian yang disampaikan Machmud Nurokhim, Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Kota Metro dan Kepala SMP Ma’arif 5 Metro, di sela-sela acara perpisahan SMP Ma’arif 5 Metro.

Ia menambahkan, guna meningkatkan jiwa tanggungjawab siswa, sebaiknya panitia penyelenggara diserahkan kepada siswa. “Acara perpisahan itu dari siswa dan untuk siswa. Maka sebaiknya kepanitiaan diserhakan pada siswa. Guru hanya perlu mengaraghkan dan membimbing saja,” tuturnya, Sabtu (12/5/2018).

Lanjutnya, penyerahan kepanitiaan kepada siswa tersebut semata-mata hanya untuk tujuan mendidik. ”Maksudnya, jika anak yang menjadi panitianya, tujuannya agar anak mampu mengorganisir acara. Tentunya mulai dari persiapan, pelaksanaan, serta tahap akhir atau evaluasinya,” jelasnya.

Ia mengatakan, acara perpisahan tidaklah harus dengan pesta yang mewah dengan menyewa gedung besar dan mahal. Akan tetapi, bagaimana acara tersebut dikemas sehingga memberikan kesan yang mendalam. ”Sebemernya semua itu tergantung niatnya Mbak.Yya disesuaikan dengan kebutuhan saja, asalkan semua harus tetap dalam pengawasan serta masih dalam kendali guru-gurunya. Semua harus tetap dibina dan diarahkan,” paparnya.

Ia menambahkan, pelepasan siswa kelas sembilan bukan berarti melepas siswa agar bisa terbang bebas semaunya tanpa kendali. “Semua ini hanyalah simbolis semata. Dengan melakukan pelepasan salah satu harapnnya untuk memberikan kesan yang bisa dingat sebagai kenangan selama mengenyam pendidikan di SMP,” tuturnya.

Ia berharap, kedepannya siswa kelas sembilan dapat menempuh jenjang pendidikan berikutnya. Lebih-lebih dapat menyumbangkan kemampuannya dalam bidang apapun, demi mewujudkan visi bumi sai wawai sebagai kota pendidikan. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here