SMK Muhammadiyah 3 Metro Sabet Juara Nasional

METRO – Indira Ghandi, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Metro mengukir  prestasi di kancah Nasional pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-26 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Acara   berlangsung dari Minggu (06/05/2018) hingga Sabtu (12/05/2018) berhasil mengantarkan Indira menjadi satu-satunya juara dari Provinsi Lampung.

Indira berhasil mendapatkan medali perak atau juara dua pada bidang farmasi yang diikuti sekira 28 Provinsi se-Indonesia. Sejumlah 33 SMK yang tersebar dari berbagai kabupaten berangkat menjadi perwakilan Lampung pada ajang tersebut, namun hanya SMK Muhammadiyah 3 Metro yang berhasil membawa pulang gelar juara. Demikian yang disampaikan Khoeroni, Kepala Sekolah setempat saat ditemui Radar Metro di ruang kerjanya, Selasa (15/05/2018).

Ia mengungkapkan bahwa persiapan untuk LKS tingkat provinsi tersebut hanya selama dua minggu. “Waktu yang tersisa dari lomba tingkat provinsi itu cuma dua minggu. Jadi, kita gunakan waktu sedikit itu dengan semaksimal mungkin. Inipun tidak terlepas dari kerjasama para pendamping, para guru, wali murid serta dari siswa itu sendiri, ” ujarnya.

Ia mengatakan, ada 56 bidang yang diperlombakan pada ajang tersebut. “Lombanya ada 56 bidang tapi sekolah kita hanya mengirim 2 bidang saja, bidang farmasi dan bidang sosial care. Nah, untuk farmasinya kita dapet juara dua sedangkan sosial care kita dapet harapan satu,” ungkapnya.

Pada ajang tersebut Indira berhasil mendapatkan skor nilai 94 dari para juri. “Kategori penilain yang yang diberikan juri pada lomba bidang farmasi yakni meracik, menyediakn, menakar dan menghitung secara ilmiah ramuaan obat agar dapat dikonsumsi oleh manusia, ” jelasnya.

Lanjutnya, pada saat mempraktikan cara meracik hingga menghitung secara ilmiah Indira melakukan dengan sangat baik. “Jadi kan setelah praktek itu peserta lomba harus presentasi, nah itulah kelemahan Indira mungkin dia gerogi, selebihnya saat praktik Indira melakukannya dengan sangat baik,” paparnya.

Lebih lanjut, ia tidak menyangka siswanya dapat menorehkan prestasi di kancah Nasional. “Ya Alhamdulillah bersyukur sekali kita bisa dapet medali perak, bahkan juara satu-satunya dari Lampung. Kita gak nyangka sama sekali, bahkan kita juga gak kepikiran bakal bisa dapet juara. Karena memang Lampung itu tidak diperhitungkan untuk itu. Kalo Sumatra ini yang diperhitungkan Padang, tapi kebanyakan daerah Jawa sana yang diperhitungkan, ” pungkasnya. (Cw2)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM