Tindakan Tegas Guna Bina Karakter Siswa

METRO – Jumat (11/5/2018), sekira sembilan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ma’arif 5 Metro push up di halaman setempat. Hukuman push up ┬átersebut diberikan kepala SMP Ma’arif 5 Metro setelah kesembilan siswa tersebut telat masuk sekolah.

Saat dikonfirmasi Radar Metro, Machmud Nurokhim, Kepala Sekolah setempat mengatakan, hal tersebut dilakukannya untuk mendidik siswanya agar menjadi pribadi yang lebih disiplin. ”Kalau telat di sekolah paling-paling cuma disuruh push up, bersih-beraih, atau yang lainnya. Tapi coba kalau telatnya di bandara pasti duitnya bakal hangus 90 persen, walaupun telatnya itu cuma lima menit aja,” katanya.

Di tempat lain, Siti Aisyah, Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Metro Timur mengatakan, jika guru dongkol dengan siswa merupakan hal yang lumrah. ”Namanya juga anak-anak kadang mereka itu lucu banget, kadang-kadang mereka bikin emosi. Ya samalah kaya anak kita sendiri, kalau mereka salah ya harus diingetin. Makantya kalau jengkel itusering dan bagi saya wajar. Hanya saja kita sebagai guru kan harus mengajarkan hal yang baik, kalau bisa kejengkelan tersbut jangan sampai dikeluarkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, marah kepada siswa tidak lantas bisa semena-mena. ”Mentang-mentang bukan anak kandung kita, kita bisa semaunya, ya gak kaya gitu. Kalo mereka memang salah, ya gak papa kita marah tapi abis itu kita beri pengarahan, kita kasih tau apa yang salah, dimana salahnya. Jangan kita setelah marah apalagi sampai main tangan terus kita tinggal gitu aja. Percuma, mereka gak akan paham, justru mereka bisa-bisa dendam sama kita, ” paparnya.

Ada kalanya mendidik siswa dengan cara yang tegas. Hal tersebut bertujuan agar anak mengerti dan dapat memperbaiki kesalahnnya. “Sebisa mungkin kita ini jadi guru, teman, dan bahkan sahabat dan ibu mereka sendiri. Ya supaya mereka nyaman belajar dengan kita dan supaya mereka menganggap sekolah itu menyenangka. Jangan malah siswa kita jadikan pelampiasan emosi kita” pungkasnya. (cw2)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM