UM Metro Adakan Taman Baca Sebagai Solusi Rendahnya Literasi Membaca

METRO – Universitas Muhammadiyah (UM) Metro bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Ilmi mengadakan Taman Baca Masyarakat di Perum PNS Yosomulyo Kota Metro. kegiatan tersebut berlangsung selama bulan April.

Kegiatan tersebut melibatkan tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Metro yang terdiri dari dua dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Nurain Suryadinata dan Nego Linuhung serta beberapa mahasiswa setempat. Selama kegiatan pengadaan Taman Baca Masyarakat ini, tim pengabdian melakukan pendampingan kepada pengurus PKBM Cahaya Ilmi dalam manajemen Taman Baca Masyarakat, kegiatan tersebut berlangsung selama bulan April. Pendampingan yang dilakukan seperti penyusunan daftar buku, penyusunan kepengurusan Taman Baca, pembuatan buku tamu dan buku induk serta pembuatan buku daftar peminjam. Tim pengabdian juga memberikan bantuan dalam penyusunan proposal untuk mendapatkan bantuan buku dari beberapa lembaga.

Kegiatan tersebut ditujukan sebagai alternatif untuk meningkatkan literasi masyarakat Indonesia yang masih tergolong rendah. Berdasarkkan riset bertajuk “World’s Most Literate Nations Ranked” pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara mengenai minat membaca dari masyaraktnya. Hal yang hampir sama juga ditunjukkan dari hasil Programme for International Students Assessment (PISA) 2015 menunjukkan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia masih berada di peringkat bawah. Berdasarkan tiga aspek yang diukur, yaitu literasi sains, membaca, dan matematika Indonesia berturut-turut berada di peringkat 62, 61 dan 63 dari peserta yang berjumlah 69 negara.

Nurain Suryadinata, Ketua tim pengabdian masyarakat menjelaskan bahwa adanya taman baca masyarakat ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif tempat belajar masyarakat khusunya bagi anak-anak di sekitaran wilayah tempat taman baca masyarakat tersebut berdiri. Lebih lanjut, ia berharap agar kedepannya pihak PKBM juga terus melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat membudayakan masyarakat membaca, seperti melakukan “jemput bola” dengan kegiatan perpustakaan berjalan. Hal ini karena terkadang masyarakat khususnya anak-anak lebih membutuhkan pendekatan yang persuasif agar mau mengunjungi taman baca.

Andriansyah, Ketua PKBM Cahaya Ilmi sangat mengapresiasi kegiatan pengadaan Taman Baca Masyarakat tersebut. Pihaknya menuturkan bahwa adanya Taman Baca Masyarakat ini dapat membantu dalam mengembangkan PKBM yang dipimpinnya karena notebennya PKBM tersebut baru terbentuk dan masih dalam proses pengembangan.

Pada akhir kegiatan, Minggu (29/04/2018) dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar dengan mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak yang berada di sekitaran wilayah tersebut. Antusiasme anak-anak cukup tinggi dalam mengikuti lomba tersebut yang juga dihadiri oleh beberapa orangtua yang mendampingi anaknya. (adv)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM