DPMPTSP Sidak  Perusahaan

METRO – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melakukan kunjungan mendadak (Sidak) ke beberapa perusahaan di Bumi Sai Wawai. Dalam kunjungan ini, DPMPTSP memberikan sosialisasi terkait program DPMPTSP terbaru dan pengechekan kelengkapan perizinan perusahaan.

Pada hari Selasa, (14/8/2018) DPMPTSP mengunjungi CV. Wulandari yang bergerak di percetakan alat peraga atau banner, di Jalan Mawar, Kelurahan Metro, Metro Pusat, mendapat giliran kunjungan.

Deny Sanjaya Kabid PTSP mendampingi Kadis DPMPTSP Edy Pakar mengatakan, sosialisasi ke perusahaan salah satu fungsinya untuk menghilangkan calo-calo perizinan.

“Kami identifikasi beberapa tempat yang kami kunjungi kemarin ternyata pengurusan izinnya ada yang masih menggunakan calo, rekanan istilah mereka, makanya kami turun langsung bertemu ownernya dan mengedukasi mereka supaya mengurus izin sendiri tidak melalui calo, karena pengurusan izin itu mudah dan gratis,” katanya.

Dirinya juga menegaskan saat ini DPMPTSP sudah membentuk satgas atau istilah lainya tim pemeberantasan calo dan terus melakukan sosialisasi pada pelaku usaha agar bersama-sama memberantas calo dalam pengurusan izin usahanya.

“Umumnya pengurusan izin melalui calo itu pada pembuatan SITU, TDP dan TDUP. Sekarang semua pengurusan izin gratis hanya tinggal melengkapi dokumen dan bukti pembayaran PBB dan retribusi sampah,” ujar Deni.

Dikatakan, upaya pemberantasan calo perizinan ini mendapat apresiasi dari pemilik CV. Wulandari. CV. Wulandari juga memperoleh stiker Tertib Perizinan oleh DPMPTSP.

Denny menegaskan, nantinya akan ada pengurusan perizinan berbasis online. Yakni One Single Submission (OSS). “Semua diterapkan secara online bagi para perusahaan mengurus izinnya,” katanya.

Bowo selaku owner CV. Wulandari mengatakan, sangat mendukung upaya DPMPTSP melakukan sidak atau kontroling tersebut. “Kami mendukung, apapun bentuk prosesnya itu akan kita ikuti. Karena pastinya demi memudahkan akses kita di dalam segala hal. Termasuk kaitannya dengan perbankan dan lainnya,” tandasnya. (suf)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM