BPJS Catat Tunggakan Klaim Capai Rp88 M

METRO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Metro mencatat seluruh tunggakan klaim mencapai Rp88 miliar. Tunggakan klaim tersebut mencakup seluruh wilayah Kanca BPJS Metro seperti Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Mesuji.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Kota Metro Fauzan Aziman mengatakan, pembayaran dilakukan sejak tanggal jatuh tempo yang ditentukan oleh BPJS pusat. Pembayaran juga dilakukan berdasarkan dari klaim oleh sejumlah fasilitas kesehatan.

“Kalau sudah diajukan klaim dari rumah sakit, kita akan verifikasi. Kemudian setelah pusat membayarkan, kita akan langsung bayar dan langsung habis. BPJS tidak akan menahan-nahan klaim dari rumah sakit,” terangnya.

Menurutnya, untuk mitra BPJS Kesehatan sebanyak 27 rumah sakit. Selanjutnya, untuk tunggakan rumah sakit BPJS telah bekerjasama ke sejumlah bank untuk memberikan dana talangan. Nantinya BPJS yang akan membayarkan dana talangan tersebut bersama dengan denda tunggakan.

“Bagi rumah sakit yang belum dibayarkan klaimnya bisa meminjam dana talangan ke bank. Jika seandainya hingga jatuh tempo dana tersebut belum dibayar, maka BPJS juga akan membayar denda atau bunga bank tersebut. Jadi
apabila rumah sakit tidak mau bermitra dengan BPJS, kami juga mempersilahkan,” tukasnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM