Dewan Minta Penyaluran Bantuan RSRTLH Tepat Sasaran

METRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro meminta agar penyaluran bantuan khususnya bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RSRTLH) tepat sasaran. Bantuan juga harus diberikan sesuai dengan syarat dan ketentuan. Karena itu pengawasan harus dilakukan oleh Dinas Sosial.

“Kita sudah panggil Dinas Sosial mengenai penyaluran bantuan dan mekanismenya. Kita ingin tahu sejauh mana program-program ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran,” ujar Wakil Ketua I DPRD Kota Metro Fahmi Anwar usai memimpin rapat dengar pendapat (hearing) bersama Dinas Sosial.

Tidak hanya bantuan RSRTLH, kata dia, bantuan-bantuan lainnya dari pemerintah juga harus tepat sasaran. Meski diakuinya, bantuan yang ada belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat yang kurang mampu di Kota Metro. “Seperti tahun ini kita dapat bantuan 80 rumah. Bantuan ini sangat baik, tinggal kita mengawal dan mengawasinya sehingga tepat sasaran dan tersalurkan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Subehi mengatakan, tahun ini Kota Metro mendapatkan kuota 80 unit rumah program RSRTLH. Program tersebut merupaka bantuan dari Kementerian Sosial RI. “Bantuan ini diberikan sebagai upaya pemerintah dalam mengentaskan wilayah permukiman kumuh dan kemiskinan di Bumi Sai Wawai,” terangnya.

Sementara itu, dalam program tersebut pihaknya mengusulkan sebanyam 100 unit rumah yang tidak layak huni. Namun pemerintah pusat hanya menyetujui 100 unit rumah. “Beda dengan sebelumnya bantuan ini bukan dalam bentuk material tapi berupa dana. Nantinya bantuan ini akan ditransfer langsung ke rekenibg warga penerima bantuan,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk jumlah bantuan yang diberikan yakni sebesar Rp15 juta ke masing-masing warga. Dana tersebut selanjutnya akannditransfer ke warga penerima bantuan. Meski begitu pengawasan juga akan terja dilakukan oleh Disos. Sehingga bantuan yang diberikan benar-benar direalisasikan. “Hasilnya nanti akan kita laporkan ke Kemensos,” tukasnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM