Eks Warga Binaan dan Disabilitas Jadi Prioritas

METRO – Masih tingginya angka pengangguran di Bumi Sai Wawai masih menjadi perhatian serius pemerintah. Pasalnya, tahun ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) akan memberikan pelatihan bagi para pengangguran khususnya eks warga binaan dan penyandang disabilitas.

“Tahun ini kita ada 20 kuota untuk meningkatkan keterampilan bagi para pengangguran. Namun kita memprioritaskan bagi eks warga binaan dan peyandang disabilitas. Nah nanti sisanya baru untuk masyarakat umum yang belum memiliki pekerjaan,” terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro Rakhmat Zainuddin, Kamis (7/2/2019).

Ia mengatakan, pelatihan tersebut diberikan berupa pelatihan keterampilan servis hp dan pelatihan mencukur. Pelatihan keterampilan tersebut, kata dia, diberikan juga berdasarkan hasil reses kalangan DPRD Kota Metro. “Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi minimal bisa membantu untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Metro. Kegiatan ini juga kita sudah dilakukan secara berkesinambungan setiap tahun,” ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Metro jumlah pengangguran di Bumi Sai Wawai mencapai 3.500 lebih pengangguran. Karenanya pihaknya juga terus berkoordinasi dan melakukan pendataan terhadap sejumlah perusahaan di Kota Metro. “Seperti misalnya nanti ada lowongan pekerjaan, kita akan informasikan ke masyarakat. Kita juga setiap 2 tahun sekali membuka job fair untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan,” paparnya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut selain dapat mengurangi angka pengangguran juga untuk mengurangi angka kemiskinan di Kota Metro. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM