Kemenag : Hanya 1 Trevel Umroh di Metro yang Minta Rekomendasi Izin

METRO – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro mencatat hanya satu pengelola trevel umroh yang meminta rekomendasi pengurusan izin di Bumi Sai Wawai. Pasalnya, sejumlah trevel umroh yang ada di Bumi Sai Wawai hanya memiliki izin dari Kanwil Kemenag Lampung dan pusat.

“Ini yang menjadi kendala bagi, sampai saat ini yang memiliki izin usaha di Kota Metro hanya 1 yaitu Patria Saudi. Karena untuk pengurusan izin dilakukan di Kanwil Kemenag Lampung dan pusat,” terang Kasi Haji Muhlisin.

Ia mengatakan, sejauh ini pihaknya hanya melakukan tugas pengamatan dan pengawasan. Sedangkan untuk pengurusan izin usaha, kata dia, dilakukan di Kantor Pelayanan Perizinan Satu Pintu. “Kami hanya memberikan rekomendasi mengenai pengurusan izin. Namun hanya satu yang mengurus rekomendasi izin ke kami,” jelasnya.

Diakuinya, sejumlah pengelola trevel umroh yang memiliki izin pusat tidak lagi ditindaklanjuti ke daerah. Terlebih sejumlah trevel umroh diperpanjang oleh perorangan tanpa ada laporan ke pemerintah. Sehingga pengawasan juga lebih sulit. “Kami hanya sebatas pengamatan dan pengawasan. Untuj rekomendasi usaha juga hanya 1 yang mengajukan. Mereka rata-rata izinnya di kanwil,” tukasnya.

Diketahui, sejumlah biro trevel umroh banyak yang menyalahgunakan usahanya untuk melakukan penipuan kepada para korbannya. Mereka menyasar para korban dengan menawarkan sejumlah promo menarik yang merugikan masyarakat hingga milyaran juta rupiah. Ini seperti dilakukan RA pemilik perjalanan wisata dan umroh OT. Ellfintha yang beralamat di Kelurahan Ganjaragung, Kecamatan Metro Barat. Pelaku dilaporkan lantaran telah melakukan penipuan terhadap puluhan jemaah yang merugikan hingga miliaran rupiah. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM