PLN Imbau Masyarakat Disiplin dalam Pembayaran dan Pakai Tenaga Listrik Secara Legal

METRO – Guna meningkatkan kinerja perusahaan dan ketertiban dalam pemakaian Tenaga Listrik, PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kota Metro akan melakukan kegiatan operasi gabungan. Kegiatan ini bertujuan untuk penertiban pemakaian tenaga listrik. Bersama PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Metro serta melibatkan Aparat TNI/POLRI, kegiatan berlangsung sampai dengan akhir Tahun 2019.

Menurut Manager PT PLN ULP Kota Metro Nur Dessanto ada beberapa fokus utama yang akan menjadi target dalam kegiatan ini. “Pelanggan yang menunggak rekening Listrik, pelanggan atau bukan pelanggan yang menggunakan energi listrik yang tidak sesuai prosedur dan pemakaian Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tidak resmi,” jelas Nur Dessanto, Rabu (15/05/2019).
Kegiatan ini tidak hanya dilakukan wilayah Kota Metro, mengingat pelanggan PLN kota Metro sejumlah 113,000 pelanggan yang mencakup 5 kabupaten di Provinsi Lampung. “Di Kota Metro (40%), Lampung Timur (48%), Lampung Selatan (3%), Lampung Tengah (7.5%) dan Pesawaran (1.5%),” tambahnya.
Dari jumlah perwilayah tersebut, ia juga menyebutkan masih banyak pelanggan PLN Metro yang masih menunggak pembayaran yaitu 5% di atas satu bulan. Dimana jumlah terebut jika dirupiahkan kurang lebih Rp. 2 Milyar dan tentu saja ini dapat menghambat pendapatan Negara.
Selain masalah tunggakan itu, pihak PLN juga masih ditemukan terdapatnya pemakaian listrik secara ilegal oleh masyarakat. Dimana hal ini mengakibatkan adanya energi yang tidak terukur (losses energy) dan ini sangat merugikan Negara.
“Oleh karena itu kami dari pihak PLN menghimbau kepada seluruh warga untuk meningkatkan kesadaran. Tertib tepat waktu dalam pembayaran tagihan listrik sebelum jatuh tempo tanggal 20 setiap bulannya,” tambahnya.
Diketahui, jika warga melewati batas pembayaran listrik maka akan dilakukan pemutusan sementara oleh pihak PLN. Bahkan tidak hanya itu saja, sanksi lainnya yaitu bongkar Rampung. Tidak hanya itu, pihaknya juga berpesan kepda pelanggan PLN agar menggunakan pemakaian listrik secara Legal tidak melakukan pencurian listrik.
“Untuk pelanggan Rumah Tangga yang mengalami daya kurang dan sering turun MCBnya, PLN mempunyai Promo Tambah Daya Menembus Batas Potongan 75 % sampai dengan akhir tahun 2019. Ringkasnya tambah daya dari 900 VA ke 1300 VA cukup dengan Rp 100.000,- saja. Dan untuk diketahui bahwasanya Rupiah perkwh daya diatas 900 VA sd diatasnya memiliki Rupiah per kwh yang sama. Jadi kenapa tidak melakukan tambah daya,” pungkasnya. (rls/Yok)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM