3 Persen Aset Milik Pemkot Disewakan

METRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mencatat baru 3 persen aset yang disewakan. Karenanya pemkot bersama masyarakat mitra pemanfaatan dan penyewa aset tanah daerah menandatangi perjanjian kerjasama sewa tanah.

Wakil Walikota Metro Djohan meminta agat aset tanah jangan sampai ada yang bongkor. Menurutnya, dari sekian jumlah aset tanah dan bangunan Pemkot, persentase yang sudah dimanfaatkan baru 3 persen dari total aset tanah yang bisa disewakan.

“Jangan sampai ada image seolah-olah ada penjabat lurah dan camat yang bermain dengan menyewakan tanah atas pribadi. Maka dari itu kami membuat perjanjian yang berisikan penjelasan disetiap poin-poinnya sesuai kegunaan,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga. meminta kepada lurah dan camat se-Kota Metro apabila ada aset yang belum terdata dan masih digunakan oleh masyarakat. Ini untuk diberikan penjelasan dengan cara baik dan dapat dituntaskan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Metro.

“Dengan perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan mewujudkan pembangunan di Kota Metro yang semakin maju dan berkembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro Supriadi menjelaskan, dari laporan hasil temuan BPK dari tahun 2015-2018, seluruh aset tanah belum ada perjanjian antara kedua pihak. Yakni Pemkot Metro dengan penggarap, serta kontribusi dari aset tanah milik Pemda.

Adapun jumlah aset tanah milik Pemkot Metro yang berpotensi dan bisa dimanfaatkan sebanyak lima bangunan dan 71 bidang tanah. “Dan pada hari ini kita akan menandatangani perjanjian untuk 17 bidang tanah,” ujarnya, Jumat (12/7).

Ia menjelaskan, dari 17 bidang tanah tersebut terdapat 21 penyewa dan total luas tanah yang akan dijanjikan 58.500 Meter persegi. Dengan perjanjian, biaya untuk kontribusi sewa 1 tahun sejumlah Rp 11.991.000 dan bisa melalui sistem pembayaran diawal dan setelah panen. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM